home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sidang Kasus Pembunuhan Angeline, Margriet Dituntut Penjara Seumur Hidup

Jumat, 05 Februari 2016 09:17 by fzhchyn | 7821 hits
Sidang Kasus Pembunuhan Angeline, Margriet Dituntut Penjara Seumur Hidup
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Jaksa Penutut hukum Purwanta Sudarmaji menuntut terdakwa kasus pembunuhan Angeline, Margriet Christian Megawe (61) hukuman penjara seumur hidup. Pembacaan tuntutan ini disampaikan di hadapan majelis hakim selama 3,5 jam, dimulai pukul 15.30 WITA di Pengadilan Negeri Denpasar, Bali, Kamis (4/2).

Tuntutan ini dinilai Purwanta sudah sangat memenuhi bukti dan fakta, berdasarkan keterangan sebanyak 31 saksi dan 11 saksi ahli. "Ada unsur barang siapa dan unsur kesengajaan. Di mana segala perbuatan terdakwa sebuah sikap yang dikehandikinya yang menunjukkan memungkinkan melakukan segala tindakan dan perbuatannya," terang Purwanta dalam bacaan tuntutannya di hadapan Majelis Hakim di PN Denpasar.

Termasuk sejumlah barang bukti dan hasil peninjauan lokasi dan hasil rekonstruksi, menunjukkan sikap yang mengarah pada perbuatan terdakwa melakukan perbuatan pembunuhan Angeline. Terlebih dengan pengakuan saksi Agustay Hamda May yang meyakinkan bahwa terdakwalah yang melakukan pembunuhan terhadap Angeline.

"Atas pengakuan dan sesuai dengan fakta di persidangan serta hasil visum korban yang mengalami sebanyak 31 titik luka-luka pada tubuh Angeline. Ini membuktikan bahwa kekerasan sudah sejak lama terjadi dilakukan oleh terdakwa terhadap Angeline," bebernya di Persidangan.

Diakhir pembacaan tuntutannya, JPU meyakinkan bahwa dengan dasar unsur kesengajaan menghilangkan nyawa orang. Maka sesuai dengan keterangan saksi Agustay yang menyatakan bahwa dirinya disuap untuk menyembunyikan kasus ini, dengan imbalan diberikan uang sebesar Rp 200 juta disertai dengan ancaman. Dan saat dilakukan pemeriksaan lie detector, tidak ada unsur kebohongan dan dinyatakan benar.

Baca juga: Dituntut Seumur Hidup Atas Kasus Pembunuhan Angeline, Margriet Mengaku Hidupnya Hancur

Berdasarkan empat dakwaan yang dilakukan, melakukan pembunuhan berencana, mengeksploitasi anak untuk kebutuhan ekonomi, penelantaran anak dan tindak kekerasan terhadap anak. Maka ibu angkat Angeline ini dituntut hukuman kurungan penjara seumur hidup.

Selama JPU membacakan fakta-fakta tuntutannya, Margriet yang mengenakan jas warna hitam, terus sesenggukan. "Bapak hakim saya tidak pernah membunuh anak saya. Saya minta ada keadilan seadil adilnya," pinta Margriet di hadapan majelis hakim yang diketuai Edward Harris Sinaga.

"Ini tidak sesuai fakta persidangan. Agus mau mengakui karena dijanjikan uang Rp 200 juta, faktanya di persidangan selama ini mengaku karena disiksa. Ini tidak sesuai dengan fakta persidangan selama ini, kami akan lakukan pembelaan," ungkap Dion Pongkor, kuasa Hukum Margriet. Sementara itu, dalam agenda pembelaan nantinya, majelis hakim mengagendakan pada 15 Februari.

Tuntutan seumur hidup ini atas dasar pasal 340 KUHP 76 I jo pasal 88 UU RI No. 35 tahun 2014 dan tentang perubahan atas UU No.23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. Serta pasal 76B jo pasal 77 B UU RI No.35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI No.23 tahun 2002 dan melanggar pasal 76 A huruf a jo pasal 77 UU RI No.35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI No.23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. [cob]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)