home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Saran dari Google Agar Ponsel Aman dari Kejahatan di Dunia Maya

Senin, 15 Februari 2016 18:00 by fzhchyn | 2697 hits
Ini Saran dari Google Agar Ponsel Aman dari Kejahatan di Dunia Maya
Image source: businesscir

DREAMERS.ID - Memiliki ponsel atau gadget pintar lainnya, rasanya tidak lengkap atau bahkan tak bisa disebut “pintar” jika tidak memiliki koneksi internet. Namun, sambungan internet juga bisa menjadi boomerang tersendiri bagi perangkat yang dimiliki. Selalu ada risiko pencurian data hingga infeksi malware yang bakal merusak sistem komputasi ponsel.

Nah agar terhindar dari jahatnya dunia maya, pada Jumat (12/2) lalu Google memberikan beberapa saran agar pengguna ponsel bisa tetap aman dari kemungkinan kejahatan berbasis internet yang ada, seperti mengutip laman Kompas berikut.

1. Pasang “kunci”

Smartphone yang tidak di-lock atau dikunci diibaratkan seperti sebuah rumah dengan pintu yang terbuka lebar sehingga memungkinkan siapapun masuk ke dalam dengan sangat mudah. Jadi memasang kunci seperi PIN, password, atau pattern lock sangat dianjurkan untuk keamanan.

2. Hati-hati saat download aplikasi

Salah satu hal yang paling sering kita lakukan saat perangkat tersambung ke internet adalah mengunduh atau mendownload aplikasi dari store masing-masing sistem operasi. Sebagai pengguna yang waspada akan cyber crime, sebaiknya perhatikan review pengguna lain, syarat yang diminta sistem, serta kebijakan privasi pada aplikasi.

3. Jangan asal pakai WiFi

Baca juga: Korsel Kena Serang 6000 Hacker Korut, Pejabat Desak Keamanan Diperketat

Jaringan WiFi yang terbuka tanpa kunci dan enkripsi memang terasa seperti surga, tapi kamu juga harus waspada karena biasanya WiFi tersebut bisa saja rentan dimanfaatkan sebagai gerbang pencurian data. Bisa saja pemilik layanan mengawasi segala lalu lintas data yang melalui jaringannya, termasuk informasi pribadi.

4. Ingatkan anak-anak

Bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, pemberian pemahaman soal keamanan berinternet itu sangat penting sebelum anak-anak mulai diberikan perangkat mobile. Perhatikan situs mana saja yang aman untuk dikunjungi dan informasi seperti apa yang boleh serta tidak boleh diberikan ke orang lain.

Selain itu, bekali juga anak-anak dengan pengetahuan soal PIN atau password. Bila mereka menerima pesan yang meminta informasi pribadi, mintalah agar mereka memberi tahu orangtuanya.

5. Pasang Android Device Manager

Bagi pengguna perangkat dengan sistem operasi Android, usahakan untuk selalu memasang Android Device Manager atau aplikasi sejenis. Aplikasi ini sangat membantu jika suatu kejadian buruk terjadi seperti ponsel hilang, karena bisa membantu mencari lokasi dari jarak jauh, membunyikan telepon, serta mengunci dan menghapus semua isi ponsel.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)