home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengintip Keindahan Ambon dan Belut Ajaib Raksasa Yang Membawa Keberuntungan

Senin, 15 Februari 2016 19:20 by reinasoebisono | 3240 hits
Mengintip Keindahan Ambon dan Belut Ajaib Raksasa Yang Membawa Keberuntungan
Image source: Now Jakarta

DREAMERS.ID - Sempat jadi lokasi favorit penjajah Portugis karena hasil rempah-rempahnya, Ambon tetap menjadi lokasi wisata alam yang indah. Terutama sebuah desa kecil bernama Waai yang selalu menarik perhatian wisatawan.

Desa yang bisa ditempun sejam dari kota Ambon ini memiliki ritual unik yang dilakukan setahun dua kali. Menurut legenda terbentuknya Waai, ratusan tahun lalu dilemparkan tombak sakti yang memancarkan air hingga menjadi habitat belut raksasa yang disebut Morea oleh warga sekitar.


Pemandangan indah pantai Desa Waai (nowjakarta.com)

Karena itu, setiap dua kali dalam setahun, akan dilakukan upacara melempar 7 tombak untuk ‘memanggil’ para belut seukuran tangan orang dewasa itu keluar. Namun jika tidak pada saat waktu upacara, wisatawan bisa melihat belut super besar itu dengan cara yang unik.

Kebetulan, belut-belut dengan panjang hingga 1.5 meter itu sangat suka dengan telur. Anehnya, belut-belut itu hanya mau keluar dan menghampiri satu orang yang biasa disebut ‘penjaga belut’ atau nama keren lainnya adalah ‘eel whisperer’. ^^

Melansir laman Now Jakarta, sang penjaga belut bernama Alfandy lah yang mampu membuat belut-belut itu keluar dari bebatuan laut dangkal. Benar saja, hanya dengan memecahkan sedikit cangkang telur, belut keramat itu langsung mendatanginya.


Belut Morea yang menghampiri penjaganya (nowjakarta.com)

“Saya sudah jadi penjaga belut selama 6 tahun. Dulu kakek saya, tapi sekarang beliau sudah tua,” kata Alfandy. “Saya tidak pernah digigit, tapi sebaiknya jangan lakukan ini sendirian. Karena belut-belut ini sudah sangat mengenal saya,”

Benar saja, belut itu pun menghampiri Alfandy dan berenang di sekitar kakinya seakan sudah sangat jinak dan mengenal penjaganya itu. Namun diketahui kini belut-belut besar itu beberapa sudah dijinakkan dan bisa berinteraksi dengan wisatawan walau masih harus dalam pengawasan pemandu.

Selain ritual unik itu, ternyata ada larangan memakan belut di Ambon karena hewan keberuntungan tersebut dikeramatkan di sana. Menurut kepercayaan, jika memakan belut di sana akan memiliki kulit seperti belut yang lengket.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)