home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cari Tahu Pola Makan yang Tepat untuk Turunkan Berat Badan Yuk!

Jumat, 19 Februari 2016 14:30 by fzhchyn | 3035 hits
Cari Tahu Pola Makan yang Tepat untuk Turunkan Berat Badan Yuk!
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Saat menjalankan diet kebanyakan orang mempunyai persepsi bahwa seseorang dapat menurunkan berat badan hanya dengan mengurangi jumlah asupan makanan. Namun, ini adalah persepsi yang salah.

Sebenarnya, untuk mendapatkan berat badan tidak harus secara ekstrim mengubah pola makan dengan mengurangi sebanyak-banyaknya asupan makanan. Program diet yang benar adalah mengurangi jumlah kalori dan menggantinya dengan makanan yang bernutrisi untuk membantu membakar kalori dalam tubuh.

Seperti melansir dari laman Mag For Woman, inilah tiga hal seputar pola makan yang harus diperhatikan saat menjalani program diet

1. Frekuensi makan

Cobalah ganti pola makan 3 kali sehari dengan pola makan 5 kali sehari dalam porsi kecil. Waktu makan tersebut meliputi sarapan, camilan sehat pagi setelah sarapan sambil menunggu waktu makan siang, kemudian makan siang, camilan sore dan makan malam.

Pola makan tersebut penting untuk mendapatkan tabungan energi yang dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Karena melewatkan waktu makan justru dapat menurunkan metabolisme tubuh dan membuat pembakaran kalori terhambat.

2. Asupan Makanan

Baca juga: Begini Cara Kerja Permen Karet Bantu Turunkan Berat Badan

Saat diet perhatikan asupan makanan yang masuk kedalam tubuh. Untuk meningkatkan proses metabolisme konsumsilah makanan yang kaya akan protein. Selain membuat perut merasa kenyang lebih lama, makanan yang kaya protein membutuhkan waktu pencernaan yang lama. Sehingga tubuh membutuhkan energi untuk mencerna protein dan dengan demikian tubuh akan mengikis cadangan lemak.

Konsumsilah makanan seperti kacang-kacangan, telur, susu, wortel, pisang, bayam, ataupun tahu.  Makanan termogenik seperti cabai bawang putih, seledri juga baik untuk mempercepat pembakaran kalori.

3. Jangan menahan keinginan makan

Jangan membatasi keinginan makan, karena hal ini justru membuat kamu sangat menginginkannya dan malah bisa mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan. Bila menginginkan makanan dengan julah kalori tinggi coba saja makanan tersebut.

Mencicipinya tidak akan membuat kamu menginginkan makanan tersebut secara berlebihan dibandingkan dengan menahan keinginan makan. Imbangi dengan konsumsi air putih yang cukup dan  memakan salad saat mengkonsumsi makanan dengan kalori tinggi.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)