home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Beri Surat Teguran, KPI Larang Stasiun TV Tampilkan Pria yang Kewanitaan

Sabtu, 27 Februari 2016 11:00 by fzhchyn | 1237 hits
Beri Surat Teguran, KPI Larang Stasiun TV Tampilkan Pria yang Kewanitaan
Image source: kominfo.go.

DREAMERS.ID - Setiap entertainer pasti punya cara dan juga gaya sendiri untuk menghibur pemirsa. Namun dalam beberapa waktu terakhir ini banyak di antara mereka, khususnya bagi pria yang menampilkan gaya bercanda seperti wanita, atau bahkan berdandan hingga berbicara seperti wanita.

Mungkin bagi sebagian orang hal itu sangat lucu dan menghibur. Namun Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dengan tegas menyebut jika gaya bercanda seperti itu sangat tidak pantas untuk ditayangkan di stasiun TV yang ditonton jutaan pemirsa.

Untuk mengatasi fenomena ini, KPI pun baru saja mengirimkan sebuah surat teguran keras untuk semua Lembaga Penyiaran di Tanah Air. Teguran yang dirilis pada hari Selasa (23/2) itu memaparkan secara detil apa saja larangan yang dimaksud.


Image source: KPI/Merdeka

"Berdasarkan hasil pemantauan dan aduan yang kami terima, terdapat program siaran yang masih menampilkan pria yang berperilaku dan berpakaian seperti wanita. Sesungguhnya KPI Pusat telah melarang muatan tersebut melalui beberapa surat edaran yang dikeluarkan. KPI Pusat melalui surat ini meminta saudara/i untuk tidak menampilkan pria sebagai pembawa acara (host), talent, maupun pengisi acara lainnya (baik pemeran utama maupun pendukung) dengan tampilan sebagai berikut:

Baca juga: Viral Pegawai KPI Alami Pelecehan Seksual dan Bullying, Berikut Faktanya

1. Gaya berpakaian kewanitaan
2. Riasan (make up) kewanitaan
3. Bahasa tubuh kewanitaan, (termasuk namun tidak terbatas pada gaya berjalan, gaya duduk, gerakan tangan, maupun perilaku lainnya)
4. Gaya bicara kewanitaan
5. Menampilkan pembenaran atau promosi seorang pria untuk berperilaku kewanitaan
6. Menampilkan sapaan terhadap pria dengan sebutan yang seharusnya diperuntukkan bagi wanita
7. Menampilkan istilah dan ungkapan khas yang sering dipergunakan kalangan pria kewanitaan," isi surat tersebut.

Menurut KPI, fenomena pria yang kewanitaan bisa membawa pengaruh buruk untuk para pemirsa, terutama para di kalangan anak muda. Jika tak menaati peraturan ini, sebuah sanksi keras pun dilayangkan untuk Lembaga Televisi yang bandel.

"Kami akan melakukan pemantauan intensif kepada seluruh lembaga penyiaran. Sanksi akan kami jatuhkan jika lembaga penyiaran terbukti masih menyiarkan hal-hal di atas. Ketentuan ini berlaku bagi seluruh lembaga penyiaran agar senantiasa mengacu pada P3 dan SPS KPI Tahun 2012 dalam setiap program siarannya. Demikian surat edaran KPI Pusat ini agar diperhatikan dan dipatuhi. Terima kasih," pungkas tulisan itu.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)