home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Dia Negara Pemilik 'Paspor Paling Berkuasa', Bagaimana Dengan Indonesia?

Selasa, 01 Maret 2016 10:30 by reinasoebisono | 3975 hits
Ini Dia Negara Pemilik 'Paspor Paling Berkuasa', Bagaimana Dengan Indonesia?
Image source: Telegraph

DREAMERS.ID - Beberapa hari belakangan dunia wisata ramai dengan pembicaraan negara yang memiliki ‘pasport paling berkuasa’, atau yang lebih dikenal dengan powerful passport. Namun apa sebenarnya arti dari powerful passport?

Siapapun yang memiliki paspor ini memiliki kebebasan mengunjungi banyak sekali negara tanpa harus mengeluarkan biaya visa! Tentu hal ini menguntungkan travelers atau calon penumpang pesawat terbang karena selain menghemat biaya, waktu juga tidak akan terbuang untuk menunggu proses persetujuan visa yang lama.

Tanggal 24 Februari kemarin, lembaga Henley & Partners Visa Restriction Index merilis daftar negara-negara yang memiliki powerful passport. Bukan Amerika Serikat ataupun Inggris. Namun Jerman menempati posisi teratas dengan membebaskan visa untuk warganya jika bepergian ke 177 negara.


Image source: Telegraph.co.uk

Index ini mendata 219 negara di dunia mengenai kebebasan perjalanan atau travel freedom menggunakan data yang dimiliki oleh lembaga transportasi internasional, IATA (International Air Transportation Association).

Melansir Business Insider, negara-negara Eropa memang selalu berada di peringkat atas selama 3 tahun berturut-turut. Peringkat kedua ada Swedia yang membebaskan visa ke 176 negara. Sedangkan Finlandia bersama Perancis, Itali, Spanyol dan Inggris menempati posisi ketiga.

Indonesia sendiri beberapa waktu belakangan menambah banyak negara terutama di Asia yang dibebeaskan beban visa untuk warga negaranya. Namun Indonesia masih berada di posisi 79 bersama Kirgistan yang bebas visa di 58 negara.

Indonesia kalah satu negara dibanding Zimbabwe, Maroko dan Kuba, bahkan negara tetangga Timor Leste berada jauh di atas, urutan ke 57. Sedangkan Afghanistan berada di posisi terbawah dengan hanya bebas visa di 25 negara.


Siegestor, landmark terkenal bersejarah di Munich, Jerman (hickerphoto)

Berikut adalah daftar Paspor Paling Berkuasa di Dunia :

1. Jerman, 177 Negara
2. Swedia, 176 Negara
3. Finlandia, Perancis, Italia, Spanyol, Inggris (United Kingdom). 175 Negara
4. Belgia, Denmark, Belanda, Amerika Serikat, 174 Negara
5. Austria, Jepang, Singapura, 173 Negara
6. Kanada, Irlandia, Korea Selatan, Luksemburg, Norwegia, Portugal, Swiss, 172 Negara
7. Yunani, New Zealand, 171 Negara
8. Australia, 169 Negara
9. Malta, 168 Negara
10. Hungaria, Republik Ceko, Islandia, 167 Negara

Sedangkan Portugal mendapat predikat the coolest passport atau paspor paling keren karena memiliki program unik, yaitu berkesempatan menjadi warga negaranya dengan berinvestasi secara berkala. Hal ini dikenal dengan Program Visa Emas atau Golden Visa Program.

Negara-negara di atas disebut paling berkuasa karena memberikan kebebasan besar untuk warganya berkeliling dunia tanpa membebani visa. Asyik sekali ya, semoga saja Indonesia bisa segera ada di peringkat atas juga! ^^

(rei)

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)