home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Australia Bela Jessica Agar Tak Dihukum Mati, Kenapa?

Kamis, 03 Maret 2016 12:00 by fzhchyn | 3109 hits
Australia Bela Jessica Agar Tak Dihukum Mati, Kenapa?
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Polda Metro Jaya berusaha memperkuat alat bukti pembunuhan Mirna Salihin yang tewas setelah minum kopi berisi racun sianida. Salah satunya adalah dengan meminta bantuan Kepolisian Federal Australia (AFP).

Seperti diketahui, Kepolisian Indonesia meminta bantuan AFP mendalami rekam jejak Jessica dan Mirna semasa kuliah di Billy Blue College of Design di Sydney dan Universitas Teknologi Swinburne, Melbourne. AFP pun setuju membantu namun dengan syarat tersangka Jessica Kumala Wongso tidak dihukum mati.

Menanggapi syarat tersebut, Pengamat Kepolisian Bambang Widodo Umar menilai itu sangat mengada-ada dan terkesan mencampuri urusan hukum dalam negeri. Namun dalam proses diplomasi, menurut Bambang, polisi tak masalah mendengar masukan tetapi jangan langsung diputuskan.

"Kalau dituruti itu tunjukan sistem hukum kita lemah, kita harus buktikan hukum di Indonesia kuat," kata Bambang, Kamis (3/3), melansir laman Merdeka.com.

Baca juga: Tidak Berikan Pesangon PHK, Ayah Mirna, Edi Darmawan Salihin Dilaporkan oleh Mantan Karyawan

Bambang menilai permintaan ini karena Negeri Kanguru memang tidak menganut sistem hukuman mati. Hal ini bisa dilihat ketika Australia memohon warga negaranya yang tersangkut narkoba tidak dieksekusi mati.

Meski begitu, kata Bambang, setiap negara memiliki landasan hukum berbeda-beda. Kasus apa pun yang masuk persidangan divonis hakim sesuai dengan keadilan. "Indonesia punya sistem hukum anut keadilan," tuturnya.

Artikel sebelumnya: Bantu Ungkap Kasus Kopi Sianida, Kepolisian Australia Beri Syarat Agar Jessica Tak Dihukum Mati

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)