home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Dilewati, Begini Cara Menyaksikan Gerhana Matahari Total di Jakarta, Jabar, dan Daerah Lainnya

Minggu, 06 Maret 2016 17:10 by fzhchyn | 3849 hits
Tak Dilewati, Begini Cara Menyaksikan Gerhana Matahari Total di Jakarta, Jabar, dan Daerah Lainnya
Image source: huffingtonp

DREAMERS.ID - Sayang tentunya jika kita melewatkan fenomena alam seperti Gerhana Matahari Total (GMT) dengan begitu saja. Tapi tentu bisa melihat fenomena langka ini, bukan tanpa syarat. Jika mata telanjang langsung melihat ke arah matahari, kerusakan pada organ mata bakal terjadi.

Hal itu disampaikan Staf Peneliti Observatorium Boscha Yatni Yulianty pada Sabtu (5/3). "Tentu kami menyarankan untuk tidak melihat gerhana matahari ini dengan mata telanjang ya," katanya.

DKI Jakarta dan Jawa Barat memang bukanlah daerah yang akan bisa secara penuh melihat GMT seperti Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. "Kita paling di Jabar ini hanya bisa melihat sekitar 88 persennya," ungkapnya.

Nah bagi masyarakat yang tidak bisa menyaksikan fenomena GMT ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

1. Berkunjung ke Boscha

Observatorium  Boscha membuka kesempatan bagi masyarakat umum yang ingin melihat fenomena gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 mendatang. GMT ini bakal terjadi pukul 06.19 WIB sampai 08.30 WIB.

Baca juga: Penjelasan Gerhana Bulan dan Strawberry Full Moon Malam Ini!

Observatorium Bosscha akan juga menyediakan beberapa alat pemantauan gerhana matahari seperti teropong lubang jarum, kacamata matahari, dan teleskop William Optics berdiameter 66 mm. "Semua gratis dan tidak dipungut biaya," ujarya.

2. Wadah berisi air

Cara tradisional yang orang biasa lakukan adalah melakukan teknik proyeksi air sepertinya masih akan bisa dijumpai. Biasanya orang melihat GMT melalui media air yang tersedia di dalam wadah dengan mengandalkan pantulan. "Yang pasti jangan sampai melihat ke atas dengan mata telanjang," ujarnya.

3. Siaran langsung

Cara terakhir, ini tentu tidak akan menyulitkan. Hampir semua media yang mengandalkan audio dan visual akan menayangkan langsung GMT nanti. "Televisi akan menayangkan langsung yang terjadi di beberapa provinsi. Tidak sedikit diinternet pun akan mudah mendapatkan siaran langsung. Kami dari Boscha juga demikian lewat website kami," jelasnya.

Sudah siap menyaksikan gerhana matahari total Dreamers?

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)