home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bisa Rusak Kamera, Hindari Foto Gerhana Matahari dengan Ponsel Secara Langsung

Selasa, 08 Maret 2016 17:00 by fzhchyn | 2134 hits
Bisa Rusak Kamera, Hindari Foto Gerhana Matahari dengan Ponsel Secara Langsung
Image source: cwc.ac.uk

DREAMERS.ID - Untuk mengabadikan fenomena alam langka yang akan menyapa langit Indonesia besok (9/3) pagi hari, mungkin banyak orang yang ingin memotretnya melalui kamera ponsel. Tapi jika kamu memiliki rencana itu, sebaiknya urungkan ya Dreamers kalau tidak ingin ponsel rusak.

Peneliti astronomi di Observatorium Bosscha, Moedji, menyarankan untuk tidak memotret matahari dalam waktu yang lama atau merekam, bahkan di saat Gerhana Matahari Total (GMT). Jika ingin aman, sebaiknya menggunakan penapis atau filter untuk meredam cahaya.

"Foto pakai ponsel bisa membahayakan kameranya. Setidaknya harus ada penapis cahaya yang bisa meredam cahaya," ungkap Moedji, mengutip CNN Indonesia.

Selain itu, Moedji juga menyangsikan kualitas kamera ponsel mampu mengambil gambar gerhana secara dekat dan dengan resolusi baik. Setidaknya butuh lensa tele panjang untuk mengambil foto GMT dengan kualitas yang baik, sedangkan tidak semua smartphone memiliki aksesori tersebut.

Sedangkan jika kamera digunakan untuk melakukan selfie saat GMT terjadi, maka kamu hanya akan mendapat gambar siluet. "Muka kita tidak kelihatan. Kamera ponsel juga berpotensi rusak karena kena cahaya yang menyilaukan," ujar Rhorom Priyatikanto di tempat berbeda.

Baca juga: Tak Kalah dengan Amerika, Ini Tanggal Gerhana Matahari 'Hadir' di Wilayah Indonesia

Rhorom juga menambahkan, potensi kerusakan kamera ponsel ini sebetulnya juga bisa terjadi di hari-hari biasa. Menurutnya, apabila sering memotret Matahari biasa maka kamera ponsel bisa saja rusak terkena panas.

GMT yang sedang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia akan berlangsung pada 9 Maret 2016 esok di 12 provinsi Tanah Air. Fenomena langka ini, menurut Rhorom, hanya akan terlihat di kawasan Nusantara dan lautan Pasifik.

Sementara Gerhana Sebagian bisa disaksikan di sejumlah negara tetangga seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Australia.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)