home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dilarang Merokok, Apa Alasan Asbak Masih Ada di Dalam Pesawat?

Selasa, 08 Maret 2016 21:27 by reinasoebisono | 2858 hits
Dilarang Merokok, Apa Alasan Asbak Masih Ada di Dalam Pesawat?
Image source: Wired

DREAMERS.ID - Setiap melakukan perjalanan udara, kamu pasti sering melihat larangan untuk merokok di dalam pesawat. Namun, anehnya, ketika pergi ke toilet, penumpang akan menemukan asbak.

Sebenarnya, merokok di dalam pesawat dulunya diperbolehkan. Namun seiring perkembangan zaman, orang-orang mulai berpikir bahaya merokok di atas pesawat yang terbang di ketinggian puluhan ribu kaki sambil membawa ribuan liter bahan bakar yang mudah terbakar.

Ketika penumpang benar-benar ingin merokok dan kemudian melanggar aturan dilarang merokok, setidaknya ada tempat yang aman untuk mematikan rokok. Dan tempat tersebut adalah di dalam toilet.

"Badan Penerbangan Federal AS (FAA) tidak ingin para penumpang yang merokok membuang puntung sembarangan seperti di tempat sampah yang bisa menimbulkan risiko kebakaran," jelas Dick Karp, menjawab pertanyaan di situs Quora.

Baca juga: Alasan Tetap Ada Asbak Meski Dilarang Keras Merokok di Dalam Pesawat

Menurut Karp, meski tempat sampah di pesawat memiliki sensor dan pemadam api otomatis sebagai bentuk perlindungan tambahan, namun tetap saja orang dilarang membuang puntung rokok di dalamnya.

Kejadian pesawat terbakar di udara pernah terjadi pada tahun 1973. Saat itu sebuah pesawat dengan rute Rio De Janeiro-Paris terpaksa melakukan pendaratan darurat karena kabin mengalami kebakaran. Dalam peristiwa tersebut, 123 penumpang dinyatakan tewas dan hanya 11 yang selamat.

Menurut laporan, pesawat terbakar setelah ditemukan puntung rokok yang dibuang di tempat sampah yang penuh dengan tisu di dalam toilet. Karena alasan tersebut asbak masih dipasang di pesawat sebagai langkah pencegahan kebakaran selama penerbangan.

Walaupun begitu, sebaiknya keinginan untuk merokok ditahan hingga mendarat ya, Dreamers. Have a nice flight!

Source:
Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)