home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yuk Lihat Lagi Fenomena Gerhana Matahari Total dari Langit Belitung Sampai Ternate

Kamis, 10 Maret 2016 12:15 by fzhchyn | 1259 hits
Yuk Lihat Lagi Fenomena Gerhana Matahari Total dari Langit Belitung Sampai Ternate
Image source: AFP

DREAMERS.ID - Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi Rabu (9/3) kemarin masih menjadi perbincangan yang menarik bagi para pecinta astronomi, baik ilmuwan maupun orang biasa. Warga Indonesia yang menyaksikan langsung pun sepertinya belum bisa move on dari momen langka tersebut.

Saking langkanya, femonema GMT ini kemungkinan baru akan terjadi lagi pada 350 tahun mendatang. Tak heran jika ribuan warga sangat antusias menyambutnya dengan mendatangi planetarium, observatorium atau langsung pergi ke alam terbuka.

Di Jakarta sendiri, meski gerhana tidak terjadi secara sempurna atau total, tapi warga masih bisa menyaksikan gerhana matahari parsial atau sebagian. Sejak pukul 06:19 WIB proses terjadinya gerhana sudah dimulai, dan puncaknya adalah pada pukul 07:22 WIB saat matahari dan bulan berada di garis yang sejajar dan terjadilah gerhana matahari total.

Baca juga: Tak Kalah dengan Amerika, Ini Tanggal Gerhana Matahari 'Hadir' di Wilayah Indonesia

Tak hanya warga lokal, fenomena langka ini juga manarik banyak wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia, khususnya di daerah-daerah yang dilewati GMT seperti Belitung, Palembang, hingga Ternate.

Bagi yang tidak bisa menyaksikan GMT secara langsung, pada Rabu kemarin banyak stasiun TV yang menayangkan proses terjadinya gerhana dari berbagai daerah. Nah bagi yang ketinggalan atau ingin menyaksikan lagi, yuk simak video berikut.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)