home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tangan Gatal Pencet Jerawat, Ini Efek Buruk yang Bisa Terjadi di Kulitmu

Jumat, 11 Maret 2016 15:40 by fzhchyn | 2937 hits
Tangan Gatal Pencet Jerawat, Ini Efek Buruk yang Bisa Terjadi di Kulitmu
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Rasa gatal yang melanda kulit saat ada jerawat yang muncul membuat tangan juga merasa 'gatal' untuk menghilangkan dengan cara memencetnya. Meski sudah mengetahui kebiasaan tersebut tidak baik untuk kulit, tapi tetap saja sering dilakukan.

Tapi sebenarnya apa sih yang terjadi pada kulit jika kita masih bandel memencet jerawat? Menurut seorang dermatologis Jeanine B Downie, MD, berikut adalah dampak buruk memencet jerawat yang bisa ditimbulkan.

1. Infeksi

Ketika memencet jerawat, artinya kamu memaksa kotoran tersebut keluar sehingga dapat merobek kulit. Saat menekan area yang ada jerawatnya, sebenarnya sedang memindahkan kotoran dan bakteri dari jari tangan ke wajah dan jerawat. Hal ini yang bisa membuat terjadinya infeksi pada kulit.

2. Bekas luka

Baca juga: Jerawatan Jangan Panik! Begini Cara Kenali dan Mengatasinya Menurut Dokter Kulit

Bakteri propionibacterium acnes adalah bakteri yang menyebabkan jerawat, bakteri ini cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat. Selain itu, bakteri juga menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi di daerah sekitarnya.

Kelenjar akan terus membengkak dan mungkin akan pecah, kemudian menyebabkan radang ke kulit dan meninggalkan bekas luka seperti bekas cacar. Tidak hanya itu, terkadang bekas jerawat juga menimbulkan noda hitam di wajah yang semakin membuat tidak percaya diri dan cenderung lebih sulit dihilangkan dibandingkan menghilangkan jerawat.

3. Menambah jerawat

Ada yang beranggapan bila memencet jerawat, maka jerawat akan segera kempis dan hilang. Padahal, memecahkan jerawat sembarangan dengan tangan yang tidak bersih, bakteri akan semakin terdorong masuk ke dalam kulit. Akibatnya jerawat bertambah parah dan menyebar ke area wajah lainnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)