home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makin Tak Terkendali, Demo Besar Jakarta Jadi Pembicaraan Media Internasional

Selasa, 22 Maret 2016 18:10 by reinasoebisono | 1723 hits
Makin Tak Terkendali, Demo Besar Jakarta Jadi Pembicaraan Media Internasional
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Setelah sering membuat banyak kata dan tagar jadi Trending Topic di sosial media, Twitter khususnya, kini Indonesia berfokus di Jakarta jadi bahan pembicaraan media internasional dengan menjadi headline di beberapa situs berita resmi.

Sejauh pantauan Dreamers.id, beberapa laman yang mengangkat berita tentang demonstrasi besar-besaran oleh sopir taksi dan angkutan umum lainnya ini antara lain adalah BBC UK, AlJazeera, TheSydneyMorningHerald (SMH), hingga Reuters. Tak ketinggalan situs Mashable, TechInAsia, hingga TheGuardian juga mengulasnya.



Image source: BBC, SMH

Ironisnya, artikel-artikel media internasional ini memiliki satu benang merah, yaitu kekerasan. Laman TechInAsia menulis jika aktivitas Jakarta terhenti karena demonstrasi yang berujung pada saling bentroknya sesama sopir taksi.

Memang demikian yang terjadi menurut beberapa foto di sosial media yang tersebar. Ada oknum yang membawa beberapa senjata tajam sebagai ‘persiapan’ demo hari ini. Hingga sebuah video yang memperlihatkan sebuah taksi yang menolak dihentikan oleh rekan pendemo dengan cara mencoba menabrakkan taksinya ke arah pendemo.


Image source: SonoraFM92/Twitter

Baca juga: Sah, Presiden Jokowi Tanda Tangani Naskah UU Cipta Kerja Setebal 1.187 Halaman

Sementara itu SMH mengambil sisi keamanan di mana para wisatawan yang berada di Jakarta dihimbau untuk berhati-hati karena aksi protes di jalan itu berujung pada bentrokan sesama sopir taksi. Mirisnya adalah laman Mashable yang menulis headline ’10.000 Sopir Marah Membuat Jakarta Mandek’.


Sopir taksi yang terluka karena bentrok dengan sesama (SMH)

Tentu saja tidak ada sisi positif dari berbagai artikel ini karena menunjukkan protes besar-besaran di Jakarta atas penolakan aplikasi online yang menawarkan layanan transportasi umum. Bahkan Indonesia yang berusaha memblokir layanan itu dibandingkan dengan negara China yang berusaha mencari jalan keluar dengan melegalkannya.

Media-media ini juga tidak ketinggalan memberikan gambar para pendemo yang terluka, kondisi taksi yang hancur karena amukan massa, hingga komentar-komentar netizen Indonesia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)