home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pakai Mouse dan Posisi Tubuh Lainnya Ini Bisa Bahayakan Kesehatan

Kamis, 24 Maret 2016 19:30 by fzhchyn | 2926 hits
Pakai Mouse dan Posisi Tubuh Lainnya Ini Bisa Bahayakan Kesehatan
Image source: maxmicheels

DREAMERS.ID - Untuk memiliki postur tubuh yang baik, kita harus menjaga posisi berdiri, duduk, dan tidur yang benar. Karena selain berpengaruh bagi penampilan, menjaga posisi tubuh juga bisa mempengaruhi kesehatan saraf dan tulang.

Seringnya kita tidak sadar melakukan posisi-posisi yang mungkin dirasa ‘nyaman’ tapi sebenarnya tidak baik untuk tulang dan postur tubuh. Nah seperti melansir dari berbagai sumber, berikut adalah posisi tidak benar namun sering dilakukan.

1. Melongokkan kepala ke depan

Kebiasaan ini biasanya dilakukan untuk melihat sesuatu yang ada di depan kita lebih jelas. Saat melakukan postur ini, otot leher akan menegang. Padahal seharusnya otot harus rileks dan sejajar dengan bahu. Hal ini bisa menyebabkan otot stres pada bagian leher dan pundak.

2. Menyender dalam posisi merosot

Jika melakukan posisi ini, tulang belakang kita akan membengkok dan butuh disangga dengan baik. Jika tidak, maka tulang belakang bisa sakit dan bisa menjalar hingga kaki. Duduklah di kursi dengan sandaran yang membentuk tulang belakang dengan sempurna.

3. Menggunakan bantal terlalu banyak

Baca juga: Jangan Sampai Sakit Leher dan Punggung, Begini Posisi Tubuh yang Tepat Saat WFH

Ketika sedang membaca dalam posisi tiduran atau sedang tidur, kita cenderung menumpuk beberapa bantal sebagai penyangga kepala. Namun sayangnya posisi ini tidak bagus. Leher dan pundak berada dalam posisi melengkung dalam waktu yang lama, maka otot akan tegang. 

4. Menggunakan mouse atau mousepad

Saat menggunakan mouse, gerakan otot akan terbatas. Keadaan akan semakin memburuk ketika kita menggunakan mousepad, sehingga gerakan otot di telapak tangan dan jari akan semakin terbatas. Hal ini bisa menyebabkan rasa nyeri dan kesemutan di daerah lengan, telapak tangan dan jari.

5. Duduk dengan posisi kaki tidak menyentuh lantai

Cobalah atur posisi duduk hingga kaki menyentuh lantai dengan posisi lurus. Jika kaki menggantung, maka otot kaki akan tertahan sehingga dapat menyebabkan otot tegang dan sirkulasi darah menjadi buruk. Ini adalah salah satu postur yang dapat menyebabkan varises dan kaki bengkak.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)