home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

iPhone SE Dibongkar, Harga Aslinya Ternyata Jauh Lebih Murah

Selasa, 05 April 2016 12:13 by fzhchyn | 2937 hits
iPhone SE Dibongkar, Harga Aslinya Ternyata Jauh Lebih Murah
Image source: cnet.com

DREAMERS.ID - Akhir Maret lalu, Apple secara resmi memperkenalkan iPhone mini yang dinamai iPhone SE (Special Edition). Setelah sukses memproduksi smartphone dengan ukuran besar, Apple memutuskan untuk kembali menjual iPhone 4 inci sebagai penerus iPhone 5c.

iPhone SE ini diklaim sebagai perkawinan antara iPhone 6s dan iPhone 5s. Pasalnya, iPhone SE datang dengan bodi alumunium dan desain seperti iPhone 5s namun dengan mengusung prosesor A9 dan co-prosesor M9 membuat iPhone SE dijamin tak kalah kencang dengan iPhone 6s.

Selain spesifikasi yang mumpuni, harga iPhone SE juga dikatakan sebagai yang termurah sepanjang sejarah Apple memproduksi smartphone. Harga resmi iPhone SE 16 GB adalah 399 dolar atau sekitar 5,2 juta rupiah, sedangkan versi 64 GB dibanderol 499 dolar atau sekitar 6,5 juta rupiah.

Namun saat perusahaan riset IHS melakukan pembokaran terhadap iPhone mini tersebut, terungkap bahwa harga aslinya jauh lebih murah. Harga asli iPhone SE 16 GB ternyata hanya 160 dolar (2,1 juta rupiah) dan versi 64 GB hanya 170 dolar (2,2 juta rupiah).

Baca juga: iPhone 15 Baru Bisa Dipesan, Apple Dikabarkan Tengah Siapkan iPad Lipat!

Perbedaan harga yang lebih dari dua kali lipat tersebut menunjukkan betapa Apple ingin mengambil keuntungan yang sangat besar untuk setiap unit iPhone yang terjual. Selisih harga 100 ribu rupiah saja bisa dipakai menaikkan harga hingga lebih dari 1 juta rupiah.

Seperti melansir laman Re/Code, IHS bisa memperkirakan harga asli tersebut dengan melacak nama-nama pembuat komponen di dalamnya, seperti chip seluler Qualcomm seharga 15 dolar (197.000 rupiah), prosesor A9 seharga 22 dolar (289.000 rupiah), dan layar 4 inci buatan LG Display 20 dolar (263.000 rupiah).

Harga layar tersebut jauh lebih murah ketimbang layar iPhone 5s tahun 2013 lalu. Layar iPhone 5s dulu dibuat dengan harga 41 dolar (540.000 rupiah) per panelnya. Penekanan biaya pembuatan layar tersebut bisa jadi sebagai antisipasi kegagalan iPhone SE. Setidaknya Apple tidak akan rugi terlalu besar seandainya ponsel baru itu kurang diminati pengguna.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)