home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jerawat Sampai Kulit Kering, Masalah Kulit Ini Sering Muncul Saat Menstruasi

Selasa, 05 April 2016 15:42 by fzhchyn | 2791 hits
Jerawat Sampai Kulit Kering, Masalah Kulit Ini Sering Muncul Saat Menstruasi
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Saat menstruasi, banyak sekali hal-hal yang membuat tubuh terasa sakit dan tidak nyaman. Hal tersebut tentunya mengganggu aktivitas sehari-hari. Tak hanya itu, pada sebagian wanita, menstruasi biasanya akan menimbulkan efek pada kondisi kulit.

Hormon yang meningkat, biasanya akan memberikan efek pada kondisi tubuh khususnya pada kulit. Dilansir dari laman Woman's Health Mag, berikut adalah empat hal yang ditimbulkan saat menstruasi terhadap kondisi kulit.

1. Produksi minyak meningkat

Selama 14 hari terakhir periode, wanita memiliki tingkat estrogen yang rendah dan androgen yang tinggi. Ini adalah kondisi saat produksi minyak mencapai puncaknya, pori-pori menjadi tertutup, dan jerawat bermunculan.

“Apupan yang terjadi, jangan memencet jerawat, karena akan menyebabkan kerusakan permanen, meninggalkan bekas dan infeksi bakteri,” kata Kecia Gaither, MD, seorang wakil ketua dan direktur kedokteran ibu dan anak di departemen obstetri dan ginekologi di University Hospital and Medical Center, Brooklyn, NY.

2. Pori-pori membesar

Baca juga: Sering Pegang Smartphone Selama #DiRumahAja, Awas Bisa Sebabkan Masalah Kulit Ini

Gelombang progesteron dan testosteron yang terjadi sekitar seminggu sebelum menstruasi dapat menyebabkan pori-pori tersumbat karena minyak berlebih, sehingga membuat pori-pori terlihat lebih besar. “Menggunakan pembersih atau pengobatan dengan asam salisilat membantu membersihkan pori-pori tersumbat,” kata dokter kulit Michael Lin, MD.

3. Kulit kering

Selama menstruasi, tingkat estrogen dalam tubuh menjadi rendah yang mengakibatkan kulit dehidrasi atau kurang cairan dan membuatnya kering. Untuk mengatasinya, gunakan pelembab untuk tetap menjaga kelembaban kulit.

4. Sensitivitas terhadap matahari meningkat

Ahli bedah plastik Dana Khuthaila, MD mengatakan bahwa hormon yang membuat pori-pori menjadi tersumbat juga dapat meningkatkan kemerahan dan sensitivitas terhadap matahari. Gunakan krim dengan SPF dan pastikan kulit tetap dalam perlindungan matahari sebelum dan selama periode menstruasi.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)