home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan Belanda, Ternyata Tulip Aslinya Berasal Dari Negeri Kebab Ini!

Sabtu, 09 April 2016 12:30 by reinasoebisono | 3584 hits
Bukan Belanda, Ternyata Tulip Aslinya Berasal Dari Negeri Kebab Ini!
Image source: videonews.u

DREAMERS.ID - Bunga Tulip selalu diidentikkan dengan Belanda. Bahkan telah menjadi ikon penting dari negeri Kincir Angin tersebut. Padahal, sesungguhnya Tulip berasal dari Turki. Bunga Tulip pada mulanya merupakan bunga liar di daratan Asia Tengah, dan mulai dibudidayakan oleh orang-orang Turki pada tahun 1.000 Masehi.

Kata 'Tulip' sendiri berasal dari kata dalam bahasa Turki, 'Turban'. Dinamakan Turban karena bentuk bunga ini menyerupai turban (penutup kepala) yang kerap digunakan para pria Turki.


Bunga Tulip di depan landmark Turki, Hagia Sophia (globaltimes.cn)

Sementara itu, bunga Tulip baru dikenal di Belanda pada tahun 1594, setelah seorang ahli botani bernama Carolus Clusius dihadiahi beberapa potong bibit tulip oleh Duta Besar Konstantinopel, Oghier Ghislain de Busbecq, yang kemudian oleh Clusius ditanam di Hortus Botanicus of Leiden, taman botani tertua di Eropa.

Meskipun kini Belanda telah mengklaim diri sebagai 'pemilik bunga tulip terbaik', namun kota Istanbul mampu menghadirkan pesona tulip yang tak kalah menawan lewat event tahunan, Istanbul Tulip Festival.


Image source: tourmakerturkey.com

Setiap tahunnya, jutaan bibit bunga Tulip ditanam di seluruh penjuru kota itu, dan hasilnya luar biasa. Aroma keriangan, kesegaran, dan kegembiraan, meluap ke setiap sudut kota yang turis datangi selama bulan April yang jadi saat terbaik melihat bunga-bunga Tulip aneka warna mulai mengembang di Istanbul.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)