home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Suka Nonton ‘Reality Show’ Ternyata Buat Orang Jadi Lebih Narsis

Jumat, 08 April 2016 19:00 by fzhchyn | 3750 hits
Suka Nonton ‘Reality Show’ Ternyata Buat Orang Jadi Lebih Narsis
Image source: iStock

DREAMERS.ID - Acara televisi sudah menjadi pilihan hiburan kebanyakan orang sejak dulu. Hingga kini pun televisi masih menjadi media yang banyak diminati apalagi dengan semakin beragamnya program tayangan, mulai dari acara musik, gosip, sinetron, hingga reality show.

Namun rupanya dalam sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan di jurnal Psychology of Popular Media Culture terungkap bahwa ada hubungan antara kesukaan menonton acara TV tertentu dengan perilaku narsistik.

Para peneliti di University of Pennsylvania dan Ohio State University melakukan riset terhadap 565 mahasiswa S1 di sebuah universitas di daerah Midwest. Mereka kemudian ditanyai berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk menonton TV setiap hari.

Rata-rata menjawab sebanyak 3,5 jam. Setelah itu, mereka kemudian diberi daftar 15 acara TV dari beragam genre dan diminta memberi tahu seberapa sering mereka menonton program di setiap kategori.

Baca juga: TVING Luncurkan Reality Show Dating 'Blossom with Love', Ini Panelisnya!

Dari penelitian tersebut, peneliti Robert Lull dan Ted Dickinson menemukan hubungan antara nonton TV setiap hari dan narsisisme. Mereka juga menemukan kecenderungan narsisistik yang lebih kuat pada mereka yang menonton reality show, acara olahraga, talk show politik dan drama suspense/thriller/horror.

Kepala departemen psikologi University of Georgia, W. Keith Campbell mengatakan ada alasan mengapa kita menemukan kadar narisisme yang tinggi pada acara TV. Selain acara tersebut dapat menghibur, seseorang juga terang-terangan menyukai citra mereka sendiri di acara itu.

Perilaku narsistik tersebut bisa terlihat dari kebiasaan yang cenderung suka mengunggah foto-foto dan mempromosikan diri dan "pamer" lewat pembaruan status di media sosial itu.

(fzh/independent/kompas)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)