home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Nyalakan Ponsel di Pesawat Bisa Membuatnya Jatuh, Mitos Atau Fakta?

Senin, 11 April 2016 19:25 by reinasoebisono | 3928 hits
Nyalakan Ponsel di Pesawat Bisa Membuatnya Jatuh, Mitos Atau Fakta?
Image source: abcnews.go.

DREAMERS.ID - Saat pesawat akan lepas landas, penumpang berulang kali disarankan untuk mematikan atau mengalihkan ponsel mereka ke 'flight mode'. Tetapi apa yang akan terjadi jika penumpang tidak melakukan hal tersebut?

Ada keyakinan sinyal ponsel dapat mengganggu sistem listrik atau telekomunikasi penting di dalam kokpit. Namun apakah itu bisa sampai menyebabkan pesawat jatuh? MailOnline Travel mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi ketika penumpang atau kru tidak mematikan atau mengalihkan ponsel mereka ke flight mode selama penerbangan.

Hingga kini, memang belum ada bukti bahwa sinyal dari perangkat elektronik seperti ponsel atau tablet dapat menyebabkan kerusakan dan kecelakaan pesawat. Para ahli pun mengatakan bahwa teknologi pesawat saat ini sudah sangat modern, aman dan terpercaya.

Jika ada Ponsel yang belum beralih ke 'flight mode’ mungkin hanya akan mengganggu pilot dan pengendali lalu lintas udara dengan suara berisik. Dalam sebuah posting-an blog untuk AirlineUpdates, pilot menulis bahwa transmisi ponsel dapat menimbulkan gangguan suara di radio pesawat terbang, tapi hal ini cukup jarang terjadi.

Baca juga: Heboh, 4 Anak Berhasil Bertahan Hidup di Hutan Amazon Pasca Kecelakaan Pesawat Cessna 206!

Pilot menambahkan: "Kedengarannya seperti nada "dit-dit-dit-dit" dan itu cukup mengganggu."

Pilot menulis bahwa hal itu tidak sering terjadi di dalam pesawat. Selama mereka terbang 50 kali dalam sebulan, mungkin hanya mendengar gangguan semacam itu sekali atau dua kali.

Risiko gangguan seperti ini telah secara drastis dikurangi dengan kemodernan teknologi. Pilot mengaku, gangguan biasanya justru terjadi akibat ponsel milik anggota kru maskapai yang lupa dialihkan ke modus penerbangan. Mengingat bahwa pilot dan pramugari duduk paling dekat dengan radio.

Ia juga meyakinkan, penumpang tak perlu terlalu khawatir akan hal ini karena beberapa maskapai penerbangan internasional telah melengkapi pesawat mereka dengan teknologi picocells. Sistem teknologi ini dirancang khusus untuk mengantisipasi gangguan komunikasi awak pesawat.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)