home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Perkiraan Hujan Lebat di Akhir Pekan, BMKG Minta Masyarakat Waspada

Jumat, 22 April 2016 11:10 by fzhchyn | 1385 hits
Perkiraan Hujan Lebat di Akhir Pekan, BMKG Minta Masyarakat Waspada
Image source: beritasatu.

DREAMERS.ID - Dalam beberapa hari terakhir ini, hujan deras melanda beberapa daerah hingga menyebabkan banjir. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun memprakirakan dalam tiga hari ke depan beberapa wilayah Indonesia masih berpotensi terjadi hujan lebat.

Wilayah yang berpotensi hujan di antaranya di Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Babel, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Maluku, dan Papua. "Sehingga masyarakat diimbau agar tetap waspada dalam menghadapi pontesi hujan lebat dengan terus memperbarui informasi cuaca dari BMKG," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Yunus Swarinoto, dalam keterangan persnya, Kamis (21/4), mengutip Antara.

Pos hujan BMKG mencatat curah hujan tertinggi selama 24 jam terakhir (21 April 2016) sebesar 202 mm di Depok, Jawa Barat. Sementara Pasar Minggu, Jakarta Selatan, tercatat 166 mm, yang sudah masuk kategori sangat lebat (ekstrem). Hujan ini terjadi cukup merata di seluruh wilayah Jabodetabek.

Baca juga: Hujan Deras Tak Berkesudahan Paksa Jutaan Penduduk Jepang Mengungsi

"Kondisi ini dipicu daerah pertemuan dan belokan angin di sekitar Jawa bagian barat dan Sumatera bagian selatan yang menyebabkan tumbuhnya awan-awan konvektif (tumbuh cepat) yang dapat menyebabkan hujan dengan disertai kilat dan guntur."

Berdasarkan prakiraan musim hujan 2016 yang dikeluarkan oleh BMKG, pada 2016 ini musim hujan cenderung lebih lama dibandingkan pada tahun normal. Sehingga pada tahun ini hujan masih relatif intensif hingga Mei 2016 dan mulai memasuki masa kering pada bulan Juni 2016 untuk sebagian besar wilayah Indonesia bagian barat.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)