home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Negara Ini Siapkan UU Perbolehkan Warga Hina Presiden Negara Lain

Minggu, 24 April 2016 10:20 by reinasoebisono | 1268 hits
Negara Ini Siapkan UU Perbolehkan Warga Hina Presiden Negara Lain
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Biasanya sebuah negara yang amat mencintai pemimpinnya akan membuat undang-undang yang memberikan sanksi kepada warganya yang menghina pemimpin negaranya. Seperti Thailand yang beberapa kali menahan warganya yang menghina sang Raja Bhumibol Adulyadej.

Namun salah satu negara Eropa ini justru akan menghapuskan undang-undang (UU) yang melarang menghina pemimpin negara. Belanda, dilaporkan CNN akan memperbolehkan warganya menghina pemimpin negara, dengan catatan, pemimpin negara lain.

Melansir The Independent, saat ini Belanda memiliki UU yang menghukum penjara warganya maksimal 2 tahun jika menghina kepala negara sahabat. Hukuman ini juga bisa diganti dengan denda sejumlah uang. Lalu mengapa Belanda akan menghapus UU ini?

Hal ini sebagai reaksi dari upaya Turki yang menghukum seorang komedian Jerman Jan Bohermann karena menghina Presidennya, Recep Tayyip Erdogan di sebuah acara TV dengan puisi satirenya yang dinilai sangat menyindir.

Baca juga: WHO Pantau Virus Corona Baru Inggris yang Sudah Menyebar ke Negara Lain

Sepertinya Belanda tidak ingin warganya diperlakukan seperti komedian Jerman tersebut, hingga membuat UU memperbolehkan warganya menghina kepala negara lain. Kementerian Kehakiman Belanda pun mengatakan akan mempertimbangkan hal tersebut sebagai salah satu prioritas pemerintah.

Sementara itu, orang terakhir di Belanda yang dihukum karena menghina kepala negara sahabatnya adalah seorang mahasiswa fakultas jurnalistik bernama Geert Mak tahun 1968 yang didenda sekitar Rp 1.4 Juta pada masa itu.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)