home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kronologi Pembebasan Masih Jadi Misteri, Ini Ungkapan Jokowi Soal Sandera WNI di Filipina

Senin, 02 Mei 2016 10:51 by reinasoebisono | 1770 hits
Kronologi Pembebasan Masih Jadi Misteri, Ini Ungkapan Jokowi Soal Sandera WNI di Filipina
Image source: BBC

DREAMERS.ID - Sandera asal Indonesia yang diculik di Filipina memang telah dibebaskan, sebanyak 10 orang. Namun masih banyak spekulasi tentang cara pembebasan kesepuluh sandera tersebut dari tangan sandera kelompok Abu Sayyaf.

Rumor pembayaran tebusan pun berkembang mengingat perusahaan para sandera bekerja, Patria Maritime Lines sepakat membayar uang tebusan yang berjumlah Rp 14.3 Miliar itu. Namun negosiator dari RI yaitu Mayjen Purn Kivlan Zen menegaskan pembebaskan 10 WNI adalah murni negosiasi.

Di tengah rasa penasaran publik, Presiden Jokowi memberikan pernyataan resmi soal pembebasan sandera asal Indonesia tersebut. Jokowi mengatakan jika pembebasan 10 WNI tersebut terjadi karena kerja sama berbagai pihak.

“Saya ingin menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak, kepada seluruh anak bangsa yang membantu upaya pembebasan ini baik yang formal dan informal. Ucapan terimakasih terutama saya tujukan kepada pemerintah Filipina, tanpa kerja sama yang baik, upaya pembebasan tersebut tidak akan membuahkan hasil yang baik,” jelas Jokowi melansir BBC.

Baca juga: Agak Di Luar Nurul, Jokowi Ungkap Kaesang Telah Minta Restu Masuk PSI?

Hal ini juga diamini oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang mengatakan upaya pembebasan ini melibatkan semua pihak dan bentuk diplomasi secara total.

“Ini merupakan diplomasi total bukan hanya fokus G to G tetapi melibatkan jaringan informal yang pernah kita sampaikan semua komunikasi semua jaringan kita buka semua opsi kita buka dengan tujuan mengupayakan keselamatan WNI kita,” kata Retno.

Sementara itu, masih ada 4 orang WNI lagi yang masih disandera setelah diculik dalam insiden terpisah pada 15 April 2016. Namun belum ada informasi lebih lanjut mengenai upaya pembebasan secara negosiasi ataupun operasi militer.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)