home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hebohkan Sosial Media, Bangunan Berbentuk Ayam Yang Tersembunyi di Hutan Magelang Ini Ternyata Bukan Gereja

Selasa, 03 Mei 2016 12:25 by reinasoebisono | 76026 hits
Hebohkan Sosial Media, Bangunan Berbentuk Ayam Yang Tersembunyi di Hutan Magelang Ini Ternyata Bukan Gereja
Image Source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Belakangan, sosial media diramaikan dengan foto-foto sebuah bangunan yang tersembunyi di tengah hutan. Lokasinya pun cukup jauh, terletak di perbukitan Magelang, Jawa Tengah. Tapi kini namanya tengah jadi sorotan dunia.

Bangunan ini disebut-sebut sebagai ‘Gereja Ayam’ karena memiliki bentuk ayam di ujung sisi bangunannya. Dan disebut gereja karena diketahui sebagai tempat beribadah. Namun apa sebenarnya asal-usul bangunan yang sempat tersembunyi belasan tahun ini?


Image source: Daily Mail

Bangunan yang dipelopori oleh Daniel Alamsjah asal Jakarta ini awalnya dibangun memang untuk tempat beribadah. Namun tidak terfokus pada umat Nasrani sebagai gereja saja. Ia mengaku mendapat pesan dari Tuhan untuk membangun sebuah rumah ibadah.

"Mungkin karena saya umat Kristen, banyak orang berfikir saya sedang membangun sebuah gereja. Tapi saya tegaskan itu bukan gereja. Saya membangun sebuah rumah doa tempat bagi orang-orang yang percaya pada Tuhan," kata pria berusia 67 tahun itu.



Tampak dalam dan luar 'Gereja Ayam' Magelang (Daily Mail)

Lebih lanjut, ternyata bangunan yang dilirik oleh para wisatawan asing ini juga sebenarnya bukanlah berbentuk ayam, melainkan burung merpati! Bangunan ini dibangun pada tahun 1989 di perbukitan yang berjarak 2.5 km dari Candi Borobudur karena Daniel merasa lokasi itu mirip dengan yang ada di mimpinya.

Bangunan yang ditutup pada tahun 2000 ini sempat menjadi rumah ibadah untuk seluruh agama, termasuk Hindu, Buddha dan Islam. Walau sekarang sudah terlihat tak terawat, ‘Gereja Ayam’ ini juga pernah dijadikan pusat rehabilitasi terapi untuk anak-anak cacat dan pecandu narkoba.


Petunjuk lokasi jarak 'Gereja Ayam' dengan tempat melihat matahari terbit Candi Borobudur (imgur)

Ternyata, laman DailyMail juga sempat mengulas tentang lokasi misterius ini. Lokasi ini pun mendapat nama lain dari para wisatawan asing, seperti ‘Chicken Church’, ‘Dove Church’ hingga ‘Pigeon Hill’. Berniat mengunjunginya, Dreamers?

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)