home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lokasi 4 Sandera WNI Telah Diketahui, Abu Sayyaf Bebaskan Sandera China Setelah Diculik 2 Tahun

Kamis, 05 Mei 2016 18:12 by reinasoebisono | 1634 hits
Lokasi 4 Sandera WNI Telah Diketahui, Abu Sayyaf Bebaskan Sandera China Setelah Diculik 2 Tahun
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Setelah membebaskan sandera WNI berjumlah 10 orang pada akhir pekan lalu, kelompok militan Abu Sayyaf dilaporkan membebaskan satu orang sandera warga negara China. Melansir Inquirer via CNN, sandera tersebut langsung diamankan oleh kelompok anti-penculik Filipina.

Sandera wanita tersebut bernama Yahong Tan Lim dan dibebaskan pada Selasa pukul 1 siang waktu setempat di Barangat Danag, Provinsi Sulu. Gadis berusia 21 tahun itu diketahui diculik di Basilan dan sudah 2 tahun bersama kelompok Abu Sayyaf.

Sebelumnya, pada usia 19 tahun, Lim diculik bersama ibunya, Dina Tan Iraham (45). Namun sang ibu telah lebih dulu dibebaskan sebelum dirinya.

Sama seperti kasus 10 WNI yang dibebaskan, tidak diketahui apakah ada usaha pemberian tebusan atau tidak hingga Lim berhasil dibebaskan. Namun kelompok Abu Sayyaf telah menuntut tebusan sebesar 30 Juta peso untuk 2 wanita tersebut.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengatakan jika lokasi 4 sandera WNI yang masih ada di tangan Abu Sayyaf telah diketahui.


Presiden Jokowi bersama para Menlu dan panglima militer Filipina dan Indonesia (BBC)

Baca juga: Detik-detik Menegangkan Video Penyanderaan Pramugari dengan Pulpen Runcing di Leher

“Yang jelas lokasinya kita sudah tahu, di pulau mana kita sudah tahu, tetapi sekali lagi ini faksinya berbeda dengan yang kemarin," kata Jokowi kepada BBC.

Jokowi menegaskan jika pendekatan kali ini akan berbeda dengan yang sebelumnya dinilai sangat lama dalam hal komunikasi. Untuk yang 4 orang kali ini, karena lokasi telah diketahui, pemerintah akan segera kembali membangun komunikasi.

Pemerintah tentu tidak ingin para sandera WNI bernasib sama seperti sandera China yang diculik hingga 2 tahun. Menlu Retno Marsudi juga mengatakan semua opsi yang tersedia akan dimanfaatkan untuk membebaskan para sandera.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)