home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Biaya Nyaris 100 Juta per Tahun, Universitas Ini Jadi Kampus Termahal di Korsel

Jumat, 06 Mei 2016 14:10 by fzhchyn | 10961 hits
Biaya Nyaris 100 Juta per Tahun, Universitas Ini Jadi Kampus Termahal di Korsel
Image source: exploringko

DREAMERS.ID - Menempuh pendidikan di bangku perkuliahan memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika memilih universitas bergengsi dengan banyak fasilitas dan tenaga pengajar yang handal di bidangnya.

Di Korea Selatan, biaya kuliah tahunan rata-rata di universitas adalah 6,68 juta won atau sekitar 76,2 juta rupiah. Dan meskipun sebagian besar universitas telah memotong atau membekukan biaya kuliah di tahun ini atas desakan pemerintah, namun rata-rata masih mengalami kenaikan 0,2% dari tahun lalu.

Dari sekian banyak universitas di Korea Selatan, ternyata Yonsei University memiliki biaya yang paling mahal yaitu 8,74 juta won atau sekitar 99,8 juta rupiah, nyaris 100 juta rupiah. Yonsei University memang diketahui sebagai salah satu universitas bergengsi yang masuk dalam top 3 bersama dengan Seoul National University dan Korea University.

Setelah Yonsei University, kampus selanjutnya yang memiliki biaya kuliah per tahun yang fantastis adalah Eulji University dengan 8,5 juta won (sekitar 97,1 juta rupiah), Ewha Womans University, Chugye University for the Arts, dan Korea Aerospace University dengan 8,47 juta won (sekitar 96,7 juta rupiah).

Baca juga: Mengenal Yonsei University, Kampus Ternama yang Langganan Jadi Lokasi Syuting Drakor

Sementara itu, Seoul National University juga tercatat sebagai perguruan tinggi negeri yang memiliki biaya termahal dengan 5,96 juta won atau sekitar 68 juta rupiah per tahun.

Dilaporkan laman Chosun Ilbo, biaya kuliah rata-rata per-kapita di universitas negeri Korea Selatan adalah 4,12 juta won (sekitar 47 juta rupiah) sedangkan universitas swasta rata-ratanya 7,36 juta won (sekitar 84 juta rupiah).

Baca juga: Butuh Biaya 1 Miliar untuk Mahasiswa di Korea Selatan Sampai Bisa Lulus Kuliah

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)