home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Konsumsi Makanan Ini Baik untuk Jaga Kesehatan Mulut Lho!

Jumat, 13 Mei 2016 11:10 by fzhchyn | 1976 hits
Konsumsi Makanan Ini Baik untuk Jaga Kesehatan Mulut Lho!
Image source: flickr.com

DREAMERS.ID - Mulut merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Jika tak dirawat dengan benar, bisa memicu banyak masalah yang mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Sebenarnya, menjaga kesehatan mulut cukup mudah. Selain rajin membersihkan mulut dengan menggosok gigi dan pergi ke dokter selama beberapa waktu, ternyata faktor makanan yang dikonsumsi juga salah satu cara menjaga kesehatan mulut.

Mengunyah makanan secara halus, bisa memproduksi air liur sehingga baik untuk kesehatan gigi. Karena air liur bisa menghilangkan rasa asam sehingga gigi tak akan mudah berlubang. Air liur juga mengandung kalsium dan fosfat yang meningkatkan pertahanan enamel.

Dilansir dari Best Health, berikut beberapa makanan yang dapat menjaga kesehatan mulut.

Baca juga: Penjelasan Ahli Soal Resiko Penularan Virus COVID-19 Saat Beli Makanan Online

1. Permen tanpa gula
Memakan permen, terutama permen karet bisa meningkatkan produksi air liur yang baik untuk kebersihan dan kesehatan gigi. Air liur yang dihasilkan ketika mengunyah permen karet akan mengontrol pH dalam mulut dan menjaga agar gigi tidak mudah berlubang. Namun pastikan mengonsumsi permen karet yang tidak mengandung gula agar tak membahayakan gigi.

2. Keju
Keju baik untuk gigi dan mulut karena mengandung pH yang tinggi. pH tinggi yang dimiliki oleh keju bisa menetralisir pH asam yang bisa membuat gigi cepat berlubang. Jika mengonsumsi makanan yang manis, dan ada keju di sekitar sebaiknya tutup makanan dengan mengonsumsi keju.

3. Cranberry
Selama ini cranberry dikenal sebagai buah yang ampuh mencegah infeksi kandung kemih. Padahal buah ini juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Zat dalan cranberry diteliti bisa mengatasi lubang dalam gigi dan penyakit mulut.

4. Cemilan sehat
Cemilan yang sehat tak akan merusak gigi, justru bisa menguatkan gigi dan ikut menyehatkan mulut. Beberapa cemilan sehat yang bisa dikonsumsi adalah buah segar, sayuran mentah, yogurt, kuaci, kacang, dan telur rebus. Menurut dokter gigi asal Kanada Dr Alastair Nicoll, makanan tersebut mengandung gula yang tak mudah dipecah menjadi asam, sehingga baik untuk gigi.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)