home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Mahasiswa Akan Diwajibkan Tanam 5 Pohon Sebagai Syarat Kelulusan

Minggu, 15 Mei 2016 11:13 by Dits | 1908 hits
Wah, Mahasiswa Akan Diwajibkan Tanam 5 Pohon Sebagai Syarat Kelulusan
image source: merdeka.com

DREAMERS.ID - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) belakangan ini ingin menerapkan sebuah program inspiratif bertajuk ‘one student five tree’. Program tersebut mewajibkan seorang mahasiswa menanam lima pohon sebelum lulus di perguruan tinggi.

Program ‘one student five tree’ diadopsi dari program yang sebelumnya telah diterapkan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar menilai kalau program tersebut sebuah langkah bagus yang bersinergi dengan Kementerian LHK. Yakni melakukan upaya memulihkan 24 juta hektare lahan yang terdegrasi.

Baca juga: Tiga Mahasiswa Palestina Ditembak Di Amerika Serikat, Benci Jadi Tindak Kekerasan?

"Saat ini 24 juta hektare lahan terdegrasi, artinya kosong dan tinggal alang-alang. Lahan itu harus disehatkan kembali, termasuk lahan bekas tambang yang dibuka rakyat kecil tanpa izin, yang biasanya setelah selesai, ditinggal begitu saja," ujar Siti Nurbaya.

Usaha untuk memperbaiki lahan yang rusak tentunya perlu dukungan inovasi dari pemerintah daerah dan masyarakat. Siti menargetkan kalau bisa tiap warga Indonesia akan menanam 25 pohon.

Sementara itu, program ‘one student five tree ‘ ini bagi Rektor UNS Solo Ravik Karsidi merupakan gerakan nasional yang telah disepakati oleh kampus dan Kementerian LHK.

"Program ini berlaku untuk seluruh mahasiswa sebelum lulus. Mahasiswa yang sudah lulus tidak boleh mengambil ijazah atau wisuda sebelum menanam lima pohon," ujar Ravik Karsidi.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)