home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Keren, Mobil Sport Buatan Mahasiswa ITS Ini Terinspirasi Dari Mobil Batman!

Kamis, 26 Mei 2016 15:30 by reinasoebisono | 4712 hits
Keren, Mobil Sport Buatan Mahasiswa ITS Ini Terinspirasi Dari Mobil Batman!
Image source: iotomotif.c

DREAMERS.ID - Batmobile bukan hal baru bagi penggemar film-film Batman. Transportasi canggih satu ini adalah kendaraan khas super hero kelelawar tersebut. Dan sekarang, Batmobile akan jadi sesuatu yang tidak asing di Indonesia.

Karena beberapa mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) berhasil membuat sebuah mobil yang disebut penantang Batmobile. Mobil yang termasuk dalam kategori mobil sport ini bisa melaju hingga kecepatan 180 km/jam.

Para mahasiswa pembuatnya pun tidak ragu mengatakan jika mobil ceper hitam ini memang terinspirasi dari Batmobile. Karena itu mobil canggih ini dinamakan Lowo Ireng yang memiliki arti Kelelawar Hitam, hal ini dikatakan oleh salah satu mahasiswa yang ikut dalam proyek mobil Lowo Ireng, Grangsang Setya Ramadhani.


Image source: Tribunnews

Disebut canggih, karena mobil ini bisa mencapai akselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 10 detik. Menurut Grangsang, hal itu termasuk cepat untuk ukuran super car buatan dalam negeri.

Baca juga: Sutradara Matt Reeves Bocorkan Design Mobil Terbaru Batman

“Rahasia kecepatannya itu ada pada mesin yang menggunakan mesin V6, dan bahan karbonat yang kami gunakan di badan mobil, sehingga mobilnya menjadi ringan tapi kuat,” tutur Grangsang melansir Viva.


Image source: Detik

Tidak mudah, pembuatan mobil ini pun terbilang memiliki tantangan tersendiri, terutama di bagian body karena semuanya dibuat oleh tangan alias handmade. Detail rumit saat pembuatan body super car terbilang cukup kompleks karena memiliki lekukan yang berbeda dari mobil biasa.

Mengenai sisi komersial, para pembuatnya mengaku masih ingin mengembangkan Lowo Ireng agar bisa bersaing dengan mobil-mobil lain. Meski begitu, sudah ada beberapa alumni ITS atau masyarakat yang menawar untuk memesan mobil hitam ini.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)