home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penuh Perjuangan, Anak-Anak Ini Harus Panjat Tebing Curam Untuk Sampai Sekolah

Jumat, 03 Juni 2016 14:30 by reinasoebisono | 2178 hits
Penuh Perjuangan, Anak-Anak Ini Harus Panjat Tebing Curam Untuk Sampai Sekolah
Image source: The Guardia

DREAMERS.ID - Mengenyam pendidikan harus disertai perjuangan. Namun apakah masih disebut pantas jika akses untuk ke sekolah terlalu sulit dan tidak seharusnya dilalui oleh para anak-anak yang masih di bawah umur? Kita sering melihat berita anak-anak Indonesia yang harus menyeberang sungai, melewati jembatan nyaris putus dan pemandangan miris lainnya untuk bisa sampai ke sekolah.

Kini berita tak kalah menyedihkan datang dari negeri China di mana anak-anak SD harus memanjat ‘jalan paling mengerikan di dunia’. Bagaimana tidak, jalan setapak yang harus dilalui adalah tebing batu curam dengan ketinggian yang tidak bisa dianggap sepele.


Image source: The Guardian

Jalan mengerikan itu terdapat di Desa Atuler, Provinsi Sichuan, China Barat Daya. Dari foto-foto yang diambil oleh fotografer Beijing News, Chen Jie, terlihat anak-anak sekitar usia 5-16 tahun memanjat jalanan setapak yang jika terpeleset sedikit saja, nyawa jadi taruhannya.

Baca juga: Kenapa Prabowo Sudah Berkunjung Ke Cina-Jepang Padahal Belum Resmi Jadi Presiden?

Hal ini terjadi karena di Desa Atuler yang ada di kaki gunung tidak memiliki lahan cukup untuk membangun sekolah sehingga anak-anak harus pergi ke atas bukit untuk menuntut ilmu. Menurut seorang warga, tangga kayu yang dipakai untuk memanjat itu diketahui telah dibuat sejak ratusan tahun lalu dan baru akan diganti jika ada salah satu diantaranya yang telah lapuk.


Image source: The Guardian

Namun agar tidak melelahkan, mereka akan kembali ke rumahnya dan menjenguk keluarga dua kali dalam sebulan agar tidak perlu setiap hari melalui jalanan mengerikan itu. Pemerintah provinsi pun telah bersumpah untuk membantu warga desa pegunungan terpencil itu.

(rei/Kompas) 

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)