home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Banyak Diketahui, Ternyata Ada Beberapa Etika Saat Menyandarkan Kursi Pesawat!

Senin, 20 Juni 2016 16:12 by reinasoebisono | 3968 hits
Tak Banyak Diketahui, Ternyata Ada Beberapa Etika Saat Menyandarkan Kursi Pesawat!
Image source: Huffington

DREAMERS.ID - Ada kalanya kursi pesawat harus dalam keadaan tegak. Wajibnya, hanya pada saat lepas landas dan mendarat atau yang biasa disebut take-off position. Selebihnya, penumpang bebas memposisikan kursi yang ditempatinya.

Hampir semua penumpang akan menyandarkan kursinya terutama saat ingin beristirahat walau untuk kelas tertentu seperti ekonomi tidak terlalu bisa direbahkan atau istilahnya recline. Namun tahukah kamu ternyata ada lho, etika dalam merebahkan kursi pesawat kamu? Apa saja?

1. Golden Rule : Lihat ke Belakang

Setiap penumpang memiliki hak untuk merebahkan kursinya, tapi setiap penumpang pula juga memiliki ruang untuk kakinya, bukan? Untuk menghindari kesan tidak sopan, setidaknya menolehlah sebentar ke belakang untuk memberi tatapan izin sekaligus melihat seberapa besar ruang yang tersisa untuk penumpang belakang kamu.


Image source: traveller.com.au

2. Jangan Rebah Saat Waktu Makan

Well, ini yang suka terlupa. Biasanya pramugari sering mengingatkan untuk menegakkan kursi saat waktu makan. Bukan peraturan wajib tapi agar dirimu dan penumpang belakang bisa makan dalam posisi nyaman dan sempurna.

Apalagi jika tiba-tiba merebahkan atau menegakkan kursi di saat penumpang belakangmu siap dengan makanan di meja lipatnya. Bisa-bisa ia kehilangan jatah makan di pesawatnya. ^^

Baca juga: Tidak Dapat Kursi, Satu Keluarga Ini Harus Rela Duduk di Lantai Pesawat!

3. Pelan-pelan

Satu lagi etikanya, rebahkanlah kursimu pelan-pelan. Bisa jadi orang di belakangmu sedang menggantungkan kakinya di kursi depan yang notabene adalah kursimu. Jangan membuat pergerakan tiba-tiba yang bisa membuat orang lain terganggu ya, Dreamers.


Terbayang sisa ruang kaki penumpang yang memiliki kaki panjang? (jalopnik.com)

4. Gunakan Kata-Kata

Kita semua manusia, memang kadang melakukan salah. Tapi sejak kecil tentu kita diajarkan berlaku sopan dan berkata-kata yang baik. Dan perlu diingat, walau hanya sesaat, tapi orang di samping dan belakangmu adalah teman seperjalanan juga. Bukan berarti ada situasi darurat lalu kamu tidak dipedulikan karena berlaku menyebalkan, bukan?

So, kata-kata ‘maaf’ dan ‘terima kasih’ tidak akan mengurangi hal apapun dalam diri kamu untuk diucapkan pada teman seperjalanan sebelum merebahkan kursi. Penumpang sekitarmu juga pasti akan memberi respek lebih.

Yang lebih penting adalah coba merasakan jika dirimu ada diposisi yang mendapat teman depan atau samping yang menyebalkan. Meski sepele, semoga tips di atas membuat perjalananmu di pesawat tambah nyaman dan menenangkan ya, Dreamers!

(rei/Smarter Travel)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)