home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal ‘Computer Vision Syndrome’, Masalah Penglihatan Akibat Terlalu Sering Main Gadget

Rabu, 22 Juni 2016 11:00 by fzhchyn | 2676 hits
Mengenal ‘Computer Vision Syndrome’, Masalah Penglihatan Akibat Terlalu Sering Main Gadget
Image source: flickr.com

DREAMERS.ID - Penggunaan smartphone, tablet, komputer, dan gadget lainnya sudah tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari bagi masyarakat modern saat ini. Karena terlalu sering menatap layar gadget tersebut, bisa memunculkan berbagai masalah, seperti Computer Vision Syndrome (CVS).

Melansir dari laman WebMD, tak hanya orang dewasa yang bisa terkena CVS ini tapi anak-anak yang sudah mengenal gadget dan kecanduan memainkannya juga rentan mengalami masalah penglihatan ini. Hal ini dikarenakan saat menatap layar komputer, mata terus fokus, bergerak maju mundur, dan menyelaraskan dengan apa yang terlihat di layar.

Sayangnya, banyak orang yang tak menyadari kalau dirinya mengalami masalah CVS. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa CVS sebenarnya merupakan gangguan umum bagi kebanyakan pekerja saat ini. Sekitar 50-90 pekerja yang menggunakan komputer, setidaknya merasakan tanda-tanda masalah pada mata.

Baca juga: Klaim Virus Corona Bisa Menular Lewat Mata, Berikut Penjelasannya

Beberapa gejala jika mengalami masalah ini adalah penglihatan yang kabur atau ganda, mata merah dan kering, iritasi mata, sakit kepala, sakit leher, bahkan sakit punggung. Meski hingga saat ini belum ada penelitian yang mengatakan kalau CVS bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang, namun tidak ada salahnya jika kita membatasi penggunaan gadget untuk kesehatan mata.

Sebagai pencegahan, kita bisa menjaga jarak pandang dengan layar komputer setidaknya 12-15 ini dari layar. Dan untuk menenangkan mata yang tegang, bisa menggunakan risan mentimun yang tempelkan ke mata yang tertutup agar rileks dan segar kembali.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)