home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Punya Tujuan Mulia, Kain Penutup Ka'bah Ini Dilelang dan Raup Total Milyaran Rupiah

Kamis, 23 Juni 2016 11:20 by reinasoebisono | 2032 hits
Punya Tujuan Mulia, Kain Penutup Ka'bah Ini Dilelang dan Raup Total Milyaran Rupiah
Image source: The Beauty

DREAMERS.ID - Jumlah pengungsi Timur Tengah makin banyak dan memiliki kondisi cukup memprihatinkan. Negara-negara Arab lainnya pun gencar dipertanyakan perannya dalam membatu pengungsi yang berupaya menyelamatkan diri dari konflik berkepanjangan di negaranya.

Kini Pemerintah Uni Emirat Arab memfasilitasi sebuah pelelangan yang hasilnya disalurkan ke negara-negara yang memiliki banyak pengungsi Timur Tengah. Barang-barang yang dilelang semuanya adalah benda bersejarah dari zaman keemasan Khilafah Islamiyah.

Acara amal yang telah dilaksanakan Rabu (22/6) kemarin itu berhasil mengumpulkan total lebih dari USD 11 juta atau setara dengan Rp 145 Miliar di mana seluruh hasil sumbangan akan diberikan untuk anak-anak pengungsi.

Barang yang paling mahal dilelang adalah kain penutup Ka'bah atau Kiswah yang dijahit dengan benang emas yang usianya telah mencapai lebih dari satu abad. Kain Kiswah ini terjual dengan harga USD 572 ribu atau setara dengan Rp 8 Miliar.


Kiswah di pintu Kakbah (Flickr)

Baca juga: Alasan Kiswah Kakbah Selalu Digulung Tiap Musim Haji Dimulai

Melansir Merdeka, pembeli Kiswah tersebut adalah salah satu syeikh terkaya di jagat Uni Emirat Arab. Sebelumnya, Kiswah bersejarah itu dimiliki oleh Syeikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, penguasa Dubai.

Tidak hanya Kiswah, namun Al-Quran abad ke-17 juga ikut dilelang dengan harga USD 68 ribu. Selain juga dilakukan aksi pengumpulan buku yang mencapai jumlah 7.3 juta buku untuk disumbangkan kepada anak-anak pengungsi hingga akhir bulan Ramadhan nanti.

Saat ini, lembaga PBB UNHCR melaporkan negara paling banyak menerima pengungsi adalah Turki dengan total 1.84 juta jiwa. Di mana lonjakan pengungsi terbesar berasal dari dua negara konflik berkepanjangan, Suriah dan Afghanistan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)