home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hindari Beberapa Makanan Ini Agar Perut Tak Terasa Perih Saat Puasa

Kamis, 23 Juni 2016 23:00 by dodo07 | 3110 hits
Hindari Beberapa Makanan Ini Agar Perut Tak Terasa Perih Saat Puasa
Image source: thestar

DREAMERS.ID - Selain menjadi sebuah kewajiban, puasa juga diketahui dapat menyehatkan badan. Namun, tak sedikit orang yang mengeluhkan lambungnya menjadi perih bahkan terkena maag.

Normalnya orang memang membutuhkan waktu 6-8 jam untuk mencerna makanan dan mengosongkan lambung. Namun, saat puasa lambung akan kosong selama lebih dari 12 jam, ini kadang akan membuat lambung terasa perih dan nyeri.

Dilansir dari CNN, menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Maulana Suryamin hal tersebut sebenarnya wajar terjadi, namun tak akan bertahan lama. Biasanya tubuh akan mulai beradaptasi dengan kondisi tersebut dalam waktu yang bervariasi namun paling lama hanya 7 hari.

Bila masih sering merasa perih ketika berpuasa, ada cara lain guna menghindarinya. Cara utamanya adalah tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa menimbulkan gejala sakit maag di hari berpuasa, seperti sayuran dan buah mengandung gas yaitu kol, sawi, durian, nangka, dan kedondong.

Baca juga: Shin Tae Yong Berencana Diskusi dengan Pemimpin Agama Berharap Pemain Tidak Berpuasa Jelang Laga

Makanan dengan rasa pedas dan cuka juga dianjurkan agar tidak sering dikonsumsi karena dapat menyebabkan iritasi lambung. Di samping itu, minuman seperti soda, kopi, alkohol, wine, sari jeruk, dan susu full cream juga sebaiknya dihindari karena dapat merangsang produksi asam lambung. 

Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan dr Mohammad Ali Toha menyarankan, selain menjaga asupan makanan, air putih harus dikonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak, "Kebutuhan air yang diperlukan tubuh ialah 30 cc dikalikan berat badan tubuh."

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)