home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Menu Buka Puasa Sederhana Masyarakat Arab yang Sudah Jadi Tradisi

Senin, 27 Juni 2016 23:00 by dodo07 | 2096 hits
Begini Menu Buka Puasa Sederhana Masyarakat Arab yang Sudah Jadi Tradisi
Image source: dw

DREAMERS.ID - Meski dilaksanakan oleh seluruh umat Islam di dunia, namun di tiap daerah pasti memiliki sebuah tradisi saat bulan Ramadhan. Tradisi tersebut biasanya tak lepas dari hidangan yang sering disajikan saat sahur atau buka puasa.

Dengan mayoritas penduduknya yang beragama Islam, ternyata negara Arab justru memiliki tradisi buka puasa yang simple. Seperti dilansir dari Okezone, orang negara tersebut lebih senang menyantap menu sederhana sebagai hidangan setekah seharian berpuasa.

“Buka puasa hanya pakai air putih dan tiga butir kurma, beberapa orang menambahkan dengan minum kopi arab,” kata Mohamed Moamin, Manager Operational restoran D' consulate.

Pria keturunan Arab ini juga menambahkan jika tradisi tersebut telah dilakukan oleh masyarakat Arab secara turun menurun sejak ratusan tahun lalu. Salah satu alasan dari mempertahankan tradisi ini karena termasuk sebagai salah satu sunah yang disarankan oleh Nabi Muhammad SAW.

Baca juga: 5 Makanan Korea Berbahan Kurma yang Wajib Dicoba

Tak hanya menu berbuka puasa, makan malam saat Ramadhan pun ternyata masyarakat Arab punya kebiasaan yang unik. Mohamed mengatakan jika masyarakat arab lebih senang makan ketika selesai solat tarawih. Menariknya, porsi makan ini akan selalu dalam jumlah banyak.

Hal itu dikarekan kebanyakan orang Arab enggan menyantap sahur di kemudian harinya. “Makan malam porsinya banyak dan varian menunya juga beragam, orang Arab kalau makan kan banyak bisa sekalian buat sahur,” pungkas Mohamed.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)