home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penelitian Terbaru Ungkap Penyebab Rasa Nyeri Saat Menstruasi

Kamis, 30 Juni 2016 11:35 by fzhchyn | 2113 hits
Penelitian Terbaru Ungkap Penyebab Rasa Nyeri Saat Menstruasi
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Tamu yang datang setiap bulan ini tak jarang membawa ‘penyiksaan’ tersendiri bagi kaum wanita. Sebelum dan saat menstruasi, tak sedikit wanita yang mengeluh merasa nyeri di bagian perut bahkan seluruh tubuh pun terasa pegal dan tidak nyaman.

Gejala yang diesbut sebagai Pra Menstruasi Sindrom atau PMS ini umumnya bisa diatasi dengan beristirahat. Namun tak jarang juga yang mengonsumsi obat pereda nyeri bila sakit menstruasi sudah tak tertahankan lagi.

Jika selama ini rasa sakit tersebut dikaitkan dengan hormon maka penelitian terbaru menyebutkan jika ada pemicu khusus yang menimbulkan rasa nyeri selama menstruasi. Hasil penelitian yang diterbitkan di jurnal Kesehatan Wanita, menunjukkan PMS disebabkan oleh peradangan akut yang dipicu oleh biomarker, yang disebut C-reactive Protein (CRP), seperti dilansir CNN.

Baca juga: Mantan Idol K-Pop Ungkap Kesulitan Para Girl Group Hadapi Menstruasi

Penulis penelitian Dr Susan Kornstein, menyebutkan bahwa gejala pramenstrual, seperti kram perut, nyeri punggung, peningkatan nafsu makan, kembung, dan nyeri payudara, secara signifikan berhubungan positif dengan peningkatan hs-CRP, biomarker peradangan.

Para peneliti pun merekomendasikan kepada para wanita untuk menghindari perilaku yang berhubungan dengan peradangan yang mungkin dapat membantu untuk pencegahan, dan anti-inflamasi berguna untuk pengobatan gejala-gejala ini.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)