home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Netizen Kecewa 5 Idola K-pop Asal Tiongkok Ini Turut Dukung Kontroversi Laut Cina Selatan

Rabu, 13 Juli 2016 16:32 by tyassss | 3454 hits
Netizen Kecewa 5 Idola K-pop Asal Tiongkok Ini Turut Dukung Kontroversi Laut Cina Selatan
Image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Untuk membicarakan urusan kenegaraan memang cukup sensitif, apalagi para figur publik turut berpartisipasi dalam hal yang menjadi pro-kontra bagi masyarakat banyak. Seperti para idola K-pop asal Tiongkok yang sedang menjadi pembicaraan karena terlibat dalam kontroversi Laut Cina Selatan.

Sebelumnya, diketahui pada tahun 2013 Filipina telah mengajukan gugatan terhadap Cina yang menklaim beberapa pulau di Laut Cina Selatan, yang sebelumnya dianggap milik Filipina adalah milik mereka.

Dilansir dari Allkpop, pada 12 Juli kemarin Pengadilan Tetap untuk Arbitrase (pengadilan internasional) memutuskan bahwa Cina tidak memiliki dasar hukum untuk mengklaim hak bersejarah untuk mengikut sertakan wilayah laut sebagai wilayah yang termasuk dalam 'Nine-dash Line’ dan artinya pengadilan pro kepada Filipina.


Image source: allkpop.com

Keputusan itu pun memicu adanya aksi protes dari warga Tiongkok melalui media sosial, termasuk membuat gambar peta Cina dengan mengikut sertakan tanah yang sedang diperebutkan. Dan ternyata, Jia, Fei Miss A, Victoria f(x), Lay EXO, dan Cao Lu Fiestar yang memang berwarga negara Tiongkok baru-baru ini terlihat menunjukan dukungannya dalam kontroversi ini.


Image source: allkpop.com

Baca juga: Pamer Kemesraan, Jia eks missA Pacari Anak Konglomerat Singapura

Kelima bintang K-pop tersebut memposting bahkan mengganti foto profil mereka di media sosial dengan gambar peta Cina yang meliputi daerah yang menjadi kontroversi termasuk pulau-pulau yang dianggap tidak hanya bagian dari Filipina melainkan juga Vietnam, Malaysia, Brunei Darussalam, dan bahkan Korea di sisi timur.

Karena itu, para penggemar mereka yang berasal dari negara-negara yang termasuk dalam kontroversi ini mengungkapkan kekecewaannya terhadap para idola tersebut karena turut ‘unjuk aksi’ dalam kontroversi ini. Mereka pun mencurahkan rasa kecewanya langsung melalui kolom komentar di media sosial yang digunakan Jia, Fei, Victoria, Lay, dan Cao Lu.

Wah, semoga masalah ini tidak menjadi besar ya..

(tys)

Komentar
  • HOT !
    Weverse Con Festival 2024 yang diselenggarakan oleh platform komunitas penggemar Weverse dan HYBE, telah mengumunkan lineup lengkapnya! Sebanyak 24 artis K pop akan tampil di Inspire Entertainment Resort dari tanggal 15 hingga 16 Juni....
  • HOT !
    Girl grup PURPLE KISS secara resmi mengumumkan rencana mereka untuk menggelar tur konser bertajuk BXX mulai pertengahan tahun ini di 18 kota yang telah dikonfirmasi....
  • HOT !
    Tim produksi The Fiery Priest 2 sebelumnya telah mengumumkan bahwa Kim Nam Gil, Honey Lee dan Kim Sung Kyun kembali membintangi drama tersebut, bersama BIBI. Aktor Sung Joon juga dikonfirmasi bergabung....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)