home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kurangi Rasa Tak Nyaman Saat Menstruasi dengan Konsumsi Makanan Ini Yuk!

Jumat, 15 Juli 2016 16:40 by fzhchyn | 2199 hits
Kurangi Rasa Tak Nyaman Saat Menstruasi dengan Konsumsi Makanan Ini Yuk!
Image source: shutterstoc

DREAMERS.ID - Tak ada wanita yang menikmati rasa nyaman pada tubuh saat mengalami menstruasi atau haid. Rasa tak nyaman seperti perut kram, kembung, dan pegal inilah yang kadang membuat mood atau suasana hati sering uring-uringan.

Ternyata selain mengkonsumsi jamu atau painkiller, ada beberapa makanan yang bisa mengurangi rasa tak nyaman pada tubuh saat haid lho! Yuk simak beberapa diantaranya seperti dilansir dari laman Shape.

1. Jeruk

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mendapatkan jumlah kalsium serta vitamin D yang lebih banyak, akan mengalami kurangnya gejala PMS. Ini dikarenakan kalsium mengurangi perasaan depresi dan cemas di otak, sedangkan vitamin D dapat mengatur enzim yang mengubah trippofan menjadi serotonin, yaitu neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati. Selain jeruk, kandungan ini dapat ditemukan di yogurt, yang juga akan meningkatkan kesehatan pencernaan.

2. Selai almond

Selama haid, penting bagi wanita untuk mendapatkan cukup protein serta serat, yang akan menstabilkan gula darah, sehingga mengurangi keinginan untuk hal-hal buruk. Selai almond dapat dikonsumsi dengan beberapa buah segar, seperti pir dan apel.

3. Roti gandum

Roti gandum kaya akan manfaat kesehatan. Mereka merupakan sumber dari magnesium, yang baik untuk mengurangi ketegangan otot serta memiliki vitamin B dan E yang telah terbukti untuk melawan kelelahan serta depresi.

Baca juga: Penjelasan Ahli Soal Resiko Penularan Virus COVID-19 Saat Beli Makanan Online

4. Kopi dan teh

Ketika merasa lelah dan kram perut, cobalah untuk mengonsumsi secangkir kopi, yang akan memberikan energi lebih untuk kembali bersemangat. Tapi bagi yang tidak suka atau tidak bisa minum kopi, teh chamomile juga dapat menjadi pilihan, di mana akan membantu meringankan kejang otot serta mengurangi ketegangan yang mengarah pada kecemasan dan perasaan mudah tersinggung. Teh jahe adalah salah satu pilihan yang tepat.

5. Kerang

Ketika kehilangan darah, termasuk saat haid, maka kadar zat besi secara alami juga akan berkurang. Oleh karena itu tubuh harus memiliki pasokan makanan yang kaya zat besi, seperti kerang, daging merah, bayam, dan kubis.

7. Pisang dan semangka

Buah-buahan seperti pisang kaya akan vitamin B6, magnesium, dan kalium, dimana dapat mengurangi retensi air dan perut kembung. Sedangkan semangka mengandung gula alami serta serat, yang ternyata dapat mengurangi perut kembung serta diare.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)