home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berita Terkini Kudeta Militer Turki Serang Warga Sipil, Ratusan Tewas Ribuan Terluka

Sabtu, 16 Juli 2016 15:00 by reinasoebisono | 1907 hits
Berita Terkini Kudeta Militer Turki Serang Warga Sipil, Ratusan Tewas Ribuan Terluka
Image source: Mirror.co.u

DREAMERS.ID - Adegan horor terjadi di negara Turki saat angkatan bersenjata militernya mendadak menyerang jalanan dan warga sipil tak berdosa dengan tujuan menguasai pemerintahan dan menggulingkan pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Suasana ibukota Ankara dan Istanbul berubah mencekam saat pasukan militer yang berusaha menguasai pemerintahan turun ke jalan dan menembaki warga sipil. Parahnya, beredar sebuah video yang memperlihatkan helikopter menembaki warga yang berada di jalan.

Meski Perdana Menteri Binali Yildrim mengatakan pemerintahan yang sah masih berdiri, pihak militer sempat menguasai lokasi vital negara seperti stasiun televisi TRT yang mencabut sambungan telepon dan mengumumkan maklumat kudeta.



Aksi protes warga sipil menghadang tentara dan korban berjatuhan (Mirror)

Sekitar pukul 02.30 pagi, penyiar TRT membacakan pengumuman adanya jam malam di Ankara dan Istanbul. Militer menyatakan terpaksa melakukan kudeta karena Presiden Erdogan dianggap menyalahi konstitusi. Saat kejadian, Presiden Erdogan dilaporkan tengah berada di kota Marmaris.

Baca juga: Efek Kudeta, Ini 9 Sekolah Indonesia Yang Dituding Turki Terkait Terorisme

Sementara pemandangan mengerikan terjadi, warga yang loyal menghadang alat bersenjata dan menghalangi tank-tank tentara untuk memprotes kudeta terhadap Erdogan. Meski sejumlah wilayah berhasi dikuasai kembali, pertempuran antara Dewan Perdamaian dan pasukan militer masih terjadi di beberapa lokasi.


Tentara yang berkudeta diseret, ditangkap dan menyerah kepada warga sipil (Mirror)

Hingga berita ini ditulis, tercatat tidak kurang dari 161 orang tewas dari militer dan pihak warga sipil. Sedangkan 2.000 lainnya dikabarkan terluka. Presiden Erdogan sendiri diketahui telah kembali ke Istanbul dengan selamat dan dan menjanjikan hukuman berat untuk aktor intelektual pengkhianat negara. Sebanyak 754 tentara yang diduga terlibat kudeta ditangkap.

(rei/Merdeka/CNN)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)