home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

3 Tips Mencairkan Makanan Beku dengan Aman

Selasa, 08 Januari 2013 11:00 by miko | 3068 hits
3 Tips Mencairkan Makanan Beku dengan Aman
dreamersradio.com

Makanan tentu sangat berhubungan dengan kesehatan tubuh. Karena itulah mencairkan makanan beku dengan cara yang salah tentu akan menimbulkan resiko pada kesehatan. Karena pada suhu diantara 4 hingga 60 derajat Celsius merupakan rentang dimana bakteri mudah berkembang biak.

Karena itulah seorang chef menyarankan jangan pernah mencairkan makanan beku pada suhu ruangan.  Dengan suhu tersebut, bagian luar makanan beku sudah mencair tetapi bagian tengah masih beku. Juga, jangan pernah membiarkan makanan yang mudah basi pada suhu ruangan lebih dari dua jam.

Dilansir dari Hellawella, berikut tiga metode yang dapat dilakukan untuk mencairkan makanan :

Metode kulkas
Letakkan makanan beku yang masih terbungkus ke dalam panci lalu letakkan di rak bawah lemari es dengan jarak agak jauh dari makanan lain. Metode ini akan memakan waktu lama. Untuk jenis makanan utuh, seperti ayam, butuh waktu sekira tiga sampai empat hari untuk mencairkannya di kulkas. Aturan yang benar, yaitu setiap ukuran 1/2 kg makanan beku, waktu untuk mencairkannya antara empat hingga lima jam.

Baca juga: Kata Ahli Soal Resiko Penularan Virus Corona Lewat Makanan Beku

Beberapa bagian di kulkas memiliki suhu lebih dingin dibandingkan dengan daerah lain. Jadi, waktu pencairan juga beragam. Bahan makanan, seperti daging mentah, daging rebus, unggas, dan makanan laut aman dikomsumsi jika dicairkan dalam waktu satu hingga dua hari sebelum dimasak.

Sementara, daging merah seperti daging panggang dari sapi, babi atau domba, iga dan daging steak dicairkan dalam waktu tiga hingga lima hahri. Makanan yang telah dicairkan bisa dibekukan kembali tanpa dimasak, namun kualitasnya akan menurun.

Metode air dingin
Letakkan makanan beku yang masih terbungkus di dalam panci berisi air dingin, dan ganti airnya setiap 30 menit. Pastikan menggunakan wadah antibocor atau kantung plastik sehingga bakteri dari udara tidak masuk ke makanan. Lanjutkan hingga makanan beku mencair dan jangan gunakan air panas. Biasanya, untuk mencairkan makanan beku seberat 1/2 kg memakan waktu 30 menit. Hanya gunakan metode ini jika berencana memasak cepat.

Metode microwave
Periksa waktu dan level daya microwave jika ingin mencairkan makanan dengan metode ini. Selalu balik makanan secara teratur untuk memastikan proses pencairannya merata. Jika menggunakan metode ini, makanan harus segera dimasak. Jika masih akan membekukannya kembali, maka makanan wajib dimasak terlebih dahulu.

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)