home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gosip 29 Juli Akan Kiamat, Ini Penjelasan NASA Terkait Pergeseran Kutub Bumi

Kamis, 21 Juli 2016 19:45 by tyassss | 4408 hits
Gosip 29 Juli Akan Kiamat, Ini Penjelasan NASA Terkait Pergeseran Kutub Bumi
Image source: thenation.c

DREAMERS.ID - Berita mengenai dunia akan kiamat memang sudah sering muncul, meskipun sebagian orang percaya bahwa kiamat itu hanyalah Tuhan saja yang mengetahui. Namun, beberapa waktu lalu sebuah kelompok membuat banyak orang heboh karena mengklaim bahwa bumi akan kiamat pada 29 Juli.

Kelompok tersebut adalah End Times Propechies, mereka memposting sebuah video di Youtube yang menggunakan teori bahwa pada tanggal yang disebutkan, dua kutub Bumi yakni Kutub Selatan dan Kutub Utara bakal terbalik. Tak hanya itu saja, mereka mengklaim bahwa matahari akan padam dan semua bintang di luar angkasa bakal berjatuhan di bumi.

Tetapi, NASA pun akhirnya angkat bicara mengenai pemberitaan ini. NASA mengungkapkan bahwa memang akan terjadi pergeseran pada kutub bumi. NASA menambahkan bahwa pada abad ke-20, kutub bumi sudah bergeser sekitar 64,3 kilometer pertahun.

Dan menurut penelitian mereka, pergerakan itu akan bertambah cepat antara 14 Juli - 19 Agustus sehingga besar kemungkinan itulah pemicu munculnya ramalan kiamat 29 Juli ini. "Saat ini kutub bumi memang mengalami geomagnetik tapi tak perlu panik karena penduduk bumi sulit untuk melihatnya. Kondisi yang menyebut kalau kutub akan berbalik itu sepenuhnya tak dapat diprediksi,” ucap NASA.

Baca juga: NASA Mengatakan Masih Ada 300 Juta Planet Yang Bisa Dihuni Oleh Manusia

NASA menambahkan, “Sejauh ini tak ada catatan geologi yang menyebut bahwa bumi akan kiamat dengan Kutub Utara dan Kutub Selatan yang berbalik. Meskipun nanti medan magnet bumi akan melemah, atmosfer bumi yang tebal mampu melindungi peradaban dari partikel Matahari. Satu-satunya efek fenomena ini adalah alat penunjuk arah atau kompas harus diperbaiki."

Para ilmuwan menjelaskan, jika pergeseran kutub bumi itu merupakan fenomena geomagnetik di mana Kutub Utara perlahan bergerak ke kutub magnetik utara karena pergeseran besi cair di inti bumi. Bumi memang mengalami perputaran geomagnetik penuh setiap 780 ribu tahun.

Kutub magnetik bergerak sangat pelan dan tercatat bahwa kutub sudah bergeser lebih dari 965 kilometer sejauh ini, seperti dilansir Inquisitr. Jadi, bisa dikatakan bahwa rumor dunia akan kiamat itu tidak benar karena bumi hanya akan mengalami perubahan alami saja.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)