home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jadi Fenomena Namun Sering Tertukar, Yuk Kenali Perbedaan ‘Star Trek’ dan Star Wars’

Jumat, 22 Juli 2016 12:15 by reinasoebisono | 1575 hits
Jadi Fenomena Namun Sering Tertukar, Yuk Kenali Perbedaan ‘Star Trek’ dan Star Wars’
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Tidak sedikit masyarakat yang mampu membedakan 2 franchise film besar di dunia, yaitu ‘Star Trek’ dan ‘Star Wars’. Tidak jarang juga fans dari kedua film tersebut beradu tentang siapa yang paling bagus, mengingat keduanya memang mengangkat tema luar angkasa.

Mulai membandingkan dari karakter, kostum hingga pesawat luar angkasanya membuat terjadinya ‘perang abadi’ antar keduanya. Namun menurut para ahli film, ‘Star Trek’ dan ‘Star Wars’ adalah dua hal yang sama sekali berbeda. Apa saja?

Star Wars adalah fantasi dan Star Trek adalah fiksi ilmiah, dan masing-masing memiliki ikonografi yang sangat kuat.” Kata desainer kostum Michael Kaplan. Tidak memihak, Kaplan adalah orang dibalik kostum ‘Star Wars: The Force Awakens’ dan dua film pertama ‘Star Trek’.


Star Trek (Reddit)

Selain itu, ‘Star Trek’ dinilai memiliki sensibilitas pop modern yang keren, bahkan tidak jarang menyesuaikan zaman ketika film itu dibuat. Sedangkan ‘Star Wars’ memiliki gaya yang membumi dan lebih ‘kasar’. Itulah yang membuatnya terasa epik.

Baca juga: Film Star Trek 4 Digarap, Boyong Pemain Lama

Di Indonesia sendiri, gaung ‘Star Wars’ terasa lebih besar, bahkan sudah dianggap budaya yang melekat bagi komunitasnya. Padahal, serial ‘Star Trek’ lebih dulu dibuat pada tahun 1966, baru 11 tahun kemudian muncul film‘Star Wars’.


Star Wars (Comic Book Resources)

Meski perang tak berujung, namun kedua penciptanya tetap rukun. Melansir CNN, pencipta ‘Star Trek’, Gene Roddenberry menghadiri peringatan 10 tahun ‘Star Wars’ dan menjabat erat tangan pencipta ‘Star Wars’, George Lucas.

 Lucas Sendiri pernah menyatakan jika ‘Star Wars’ lebih menampilkan sisi kemegahan, mitos dan upaya politik. Sedangkan ‘Star Trek’ berkutat pada filosofi humanis dan semangat intelektual. Nah, sekarang sudah tahu perbedaannya, Dreamers. Jadi jangan bingung lagi untuk menonton keduanya, ya! ^^

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Tanggal 19 April 2023 menjadi hari penuh duka bagi ASTRO dan AROHA (fandomnya). Hari itu, Moonbin ditemukan meninggal dunia di rumahnya....
  • HOT !
    Parc Jae Jung mengumumkan tanggal wajib militernya melalui Instagram pribadinya. Selain itu, ia mengungkapkan rencana untuk lagu baru sebelum menjalani tugas negara tersebut....
  • HOT !
    Apink dipastikan tampil di ‘Knowing Bros’ untuk pertama kalinya dalam enam tahun. Episode yang menampilkan girl group ini dijadwalkan tayang pada 27 April mendatang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)