home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terungkap, Ternyata Rasa Jet Lag Akan Lebih Parah Jika Terbang ke Arah Timur

Senin, 25 Juli 2016 17:00 by reinasoebisono | 1480 hits
Terungkap, Ternyata Rasa Jet Lag Akan Lebih Parah Jika Terbang ke Arah Timur
Image source: Travel and

DREAMERS.ID - Jet lag menjadi salah satu masalah yang kerap dihadapi para traveler saat menempuh perjalanan jarak jauh menggunakan pesawat. Tak main-main, jet lag terkadang bisa sampai mengganggu kenyamanan perjalanan bahkan setelahnya.

Tapi tahukah kamu jika sebuah studi baru menunjukkan bahwa jet lag yang dialami akan lebih buruk saat seseorang menempuh penerbangan dari barat ke timur. Mengapa demikian?

Para ilmuwan berusaha untuk memberikan penjelasan matematis untuk fenomena tersebut. Mereka melakukan pengujian terhadap wisatawan yang kerap melakukan penerbangan.

Mereka memeriksa ketepatan ritme sel tubuh dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti sensitivitas cahaya, kecerahan cahaya dan berapa banyak jam terbang yang ditempuh wisatawan.

Dan hasilnya, para ilmuwan menemukan kesimpulan bahwa waktu pemulihan jet lag dari penerbangan barat ke timur akan memakan waktu 4 hari lebih lama ketimbang penerbangan ke arah barat. Meski begitu, karena penelitian ini bersifat matematis, tidak ada penelitian mendalam tentang faktor jet lag itu sendiri.

Namun laman Sciencemag mengungkapkan, karena ketika seseorang bepergian ke arah timur, kamu akan melintasi zona waktu yang lebih panjang. Bahkan melewati 9 zona waktu ke arah timur setara dengan melalui setengah jalan mengelilingi dunia!

(rei/Dream)

Source:
Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)