home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sebelum Kembali Diangkat Jadi Menkeu, Sri Mulyani Beri Pidato Inspiratif untuk Generasi Muda

Rabu, 27 Juli 2016 13:00 by fzhchyn | 1747 hits
Sebelum Kembali Diangkat Jadi Menkeu, Sri Mulyani Beri Pidato Inspiratif untuk Generasi Muda
Image source: detik.com

DREAMERS.ID - Presiden Joko Widodo telah secara resmi menunjuk Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan dalam pengumuman reshuffle kabinet kerja jilid II pada Rabu (27/7) pagi. Meski masih menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia, wanita 53 tahun ini telah mendapat izin dari World Bank untuk kembali ke Indonesia dan menjabat sebagai Menkeu.

Sehari sebelum pengumuman reshuffle kabinet, Sri Mulyani memberikan pidato kepada para mahasiswa di Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok. Dengan tema 'Yang Muda Yang Beraksi: Peranan Pemuda dalam Mensukseskan Pembangunan Berkelanjutan yang Inklusif', kuliah umum yang diberikan Sri Mulyani ini mendorong generasi muda untuk ikut membangun bangsa.

Dalam pidatonya, Sri menceritakan bagaimana awal dirinya belajar ilmu ekonomi dan mengetahui masalah pembangunan dan ekonomi di Indonesia sampai pengalaman dirinya saat bertemu dan membahas masalah pembangunan di negara-negara klien Bank Dunia.

Sri Mulyani mengatakan jika anak muda merupakan sepertiga dari jumlah penduduk Indonesia saat ini, jumlah mereka melebihi 65 juta warga. Di tangan generasi muda inilah terletak kunci keberhasilan negeri ini.

“Indonesia memiliki potensi besar dan dapat menjadi pelaku global yang disegani. Namun potensi ini harus diwujudkan menjadi kinerja dan prestasi. Untuk itu diperlukan generasi muda yang percaya diri, dengan visi luas dan ambisi dan kreativitas yang kuat untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperlukan guna menciptakan kemakmuran, kemajuan peradaban, dan keadilan sosial.”

Untuk bisa melangkah maju bersama untuk masa depan lebih baik, beberapa hal yang bisa dilakukan menurut Sri Mulyani diantaranya menjadi bagian dunia yang berperan aktif dan jangan melupakan mereka yang tertinggal yang bisa meningkatkan ketimpangan di antara masyarakat baik dari segi kesehatan maupun pendidikan.

Baca juga: Sri Mulyani Sindir Selebriti Prostitusi Online, Harus Bayar Pajak?

“Ajakan terakhir yang ingin saya sampaikan terutama kepada generasi muda adalah selalu lakukan yang terbaik dan berikan yang terbaik bagi orang lain. Tuntutlah ilmu dan kuasai kemampuan teknis yang terbaik. Jangan pernah berhenti belajar.”

“Carilah ilmu yang bermanfaat bukan hanya untuk kita sendiri namun juga bagi tim anda. Mudah untuk mencapai sukses sendiri. Lebih sulit untuk membangun sukses bersama dan membangun institusi. Reformasi di institusi publik dan swasta harus terus dilakukan guna meletakkan dan membangun tata kelola yang baik, efisien, dan akuntabel.”

Terakhir, Sri Mulyani memotivasi para generasi muda untuk tidak kalah dengan keadaan. “Jangan putus asa. Tetap bertindak dengan integritas, jujur, adil, rendah hati, dan selalu menghormati martabat orang lain. Sikap itu akan membawa kepada ketentraman abadi.”

“Di mana pun anda nantinya berkarya, baik di pemerintahan, perusahaan swasta, atau LSM, dan apakah kita berada di tingkat pemula, profesional menengah, atau posisi eksekutif, tidak ada kompromi dalam menjaga integritas dan harga diri kita.”

“Setelah enam tahun saya bekerja di lembaga internasional Bank Dunia dan berkeliling dunia mengunjungi negara-negara berkembang maupun negara maju, saya merasa optimis melihat generasi muda Indonesia. Karena Indonesia memiliki generasi muda yang selalu ingin belajar dan ingin maju, yang haus akan prestasi, dan memiliki daya juang yang tidak pernah luntur.”

(fzh/detik)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)