home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yuk Simak Tips Buat Film Pendek yang Berkualitas

Selasa, 09 Agustus 2016 10:00 by Dits | 4868 hits
Yuk Simak Tips Buat Film Pendek yang Berkualitas
image source: swissnexind

DREAMERS.ID - Bagi pecinta film, mungkin tidak cukup bila hanya menonton film lewat depan layar kaca. Perlahan, akan muncul hasrat untuk menjadi orang dibalik layar, alias menjadi seorang pembuat film. Bagi remaja, tidak perlu muluk-muluk membuat film dengan durasi panjang yang biasanya ditanyangkan di bioskop. Kalian juga dapat membuat film sendiri dengan waktu yang pendek, yaitu short movie.

Sesuai namanya, durasi dari film pendek hanya berkisar hingga 30 menit saja. Apabila melewati batas waktu tersebut, ciri khas sebuah short movie akan hilang. Apa saja sih hal-hal yang harus disiapkan saat pembuatan short movie? Yuk simak ulasannya.

1. Jangan Pasang Ekspetasi Terlalu Tinggi
Tidak ada salahnya untuk memasang goals yang tinggi. Tapi alangkah lebih baik untuk tetap realistis. Jangan muluk-muluk, apalagi film yang dibuat adalah film perdana. Filmmaker yang baik adalah mereka yang tidak terlalu banyak berkhayal dan lebih mementingkan bagaimana cara menyampaikan cerita kepada penonton.

2. Budget yang Cukup
Meskipun sederhana, pembuatan film pendek cukup memakan biaya yang besar. Sebelum proses produksi dimulai, buatlah perkiraan biaya mulai dari hal-hal yang kecil hingga besar. Produksi tanpa budget hanya akan membuat ide-ide cemerlang hilang begitu saja tanpa eksekusi.

3. Casting Pemain
Plot cerita dalam sebuah film akan tersampaikan lewat aktor/aktris yang berperan. Mereka memiliki komposisi yang besar dalam kesukseskan sebuah film. Sebaiknya, lakukan casting terlebih dahulu untuk memilih karakter pemeran yang sesuai dengan cerita.

Baca juga: Perbedaan yang Tak Jadi Alasan Perpecahan di Gelaran 'Police Movie Festival 4'

4. Cinematography
Mulai dari lighting, kamera, lensa yang dipakai, tata suara, hingga tempat shooting pun harus dibuat sesinematik mungkin. Walaupun kamu membuat short movie, tapi buatlah gerakan sinematografi yang tidak kalah bagus dengan film-film layar lebar. Dengan menggunakan perangkat pendukung, film yang dihasilkan akan lebih nyaman untuk ditonton.

5. Plot cerita yang ‘anti-mainstream
Sebagai seorang filmmaker, harus memiliki kelebihan serta ciri khas tersendiri yang dapat membedakan kamu dengan pembuat film lainnya. Buatlah plot cerita yang mampu memainkan emosi penonton dan membawa mereka seperti melakukan sebuah ‘perjalanan’.

6. Perhatikan Waktu
Standar sebuah film pendek hanya berdurasi maksimal 30 menit. Penulis naskah dan sutradara harus berkerjasama dalam pembuatan plot cerita yang tidak bertele-tele yang hanya akan membuat penonton bosan.

Keenam tips diatas semoga dapat membantu Dreamers yang ingin mencoba membuat short movie ya! Jadilah seorang filmmaker yang mampu memberikan pesan bermanfaat kepada penontonnya.

(ysm)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)