home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terungkap, Ini Alasan Minum Air Dingin Bisa Cepat Hilangkan Haus

Jumat, 05 Agustus 2016 12:00 by fzhchyn | 1400 hits
Terungkap, Ini Alasan Minum Air Dingin Bisa Cepat Hilangkan Haus
Image source: lifescript.

DREAMERS.ID - Saat cuaca panas dan terik, cairan dalam tubuh terasa cepat menguap dan keluar melalui keringat sehingga menyebabkan dehidrasi. Tenggorokan pun menjadi kering dan ingin segera meneguk minuman dingin untuk menghilangkan dahaga.

Namun pernahkah kamu berpikir mengapa saat cuaca panas kita cenderung lebih ingin mengkonsumsi minuman yang dingin? Jika kamu mengira kalau panas bisa dihilangkan dengan dingin, maka asumsi tersebut kurang tepat.

Dilansir dari laman Daily Mail, Ilmuwan dari University of California San Francisco pun menemukan jawabannya. Menurut mereka, air dingin ternyata dapat mematikan alat pendeteksi rasa haus di otak.

Ada beberapa sel saraf di otak yang bertugas untuk memonitor komposisi darah di dalam tubuh. Ketika kadar air dalam darah berkurang, sel saraf tadi akan mengirimkan sinyal rasa haus ke otak. Dan setelah kita minum dan memenuhi kadar air darah, sel saraf tadi akan mematikan rasa haus.

Baca juga: Ternyata Mencuci Wajah Pakai Air Dingin Lebih Banyak Manfaatnya Lho!

Nah, rasa dingin dari minuman yang kita konsumsi diklaim ilmuwan dapat menipu saraf otak tadi untuk menghentikan haus lebih cepat dari seharusnya. Meski terasa memuaskan, hal ini bisa berdampak negatif bagi kesehatan karena haus sudah hilang meski air belum diserap atau bahkan belum cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh manusia. Itu lah sebabnya, kita masih sering haus setelah minum air dingin.

Lebih lanjut, bukan hanya air dingin yang bisa menghentikan haus, tetapi juga benda lain seperti logam. Penelitian membuktikan dengan meletakkan besi dingin ke dua sisi pipi atau dalam mulut bisa menonaktifkan rasa haus untuk sementara.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)