home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jalankan ‘Komunitas Bunuh Diri’, Gadis 12 Tahun di Korea Terancam Hukuman Penjara

Jumat, 12 Agustus 2016 11:14 by fzhchyn | 4907 hits
Jalankan ‘Komunitas Bunuh Diri’, Gadis 12 Tahun di Korea Terancam Hukuman Penjara
Image source: koreatimes.

DREAMERS.ID - Sama seperti operasi plastik, kasus bunuh diri bisa dibilang menjadi suatu hal yang menjadi sisi gelap dari gemerlapnya kehidupan di Korea Selatan. Meski mengejutkan, namun tak mengherankan jika di Negeri Ginseng tersebut ada komunitas-komunitas yang membicarakan tentang bunuh diri.

Namun yang lebih mengejutkan adalah operator atau orang yang menjalankan salah satu komunitas online ‘bunuh diri’ tersebut adalah seorang gadis yang masih berusia 12 tahun. Pada Kamis (11/8) kemarin, pihak kepolisian dan Pusat Pencegahan Bunuh Diri Korea menyatakan hal tersebut.

Polisi dan Pusat yang berada di bawah Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan berhasil menemukan komunitas tersebut pada bulan lalu saat melakukan pemantauan website-website yang berhubungan dengan bunuh diri.

Mereka melacak alamat IP dari operator komunitas dan mendapati jika si pemilik merupakan siswa Sekolah Dasar, yang identitasnya dirahasiakan. Gadis tersebut rupanya merupakan anggota yang kemudian direkomendasikan menjadi operator.

Melansir Korea Times, komunitas tersebut dibuka pada 2013 lalu dengan tujuan konseling tentang berbagai masalah. Beberapa anggotanya berbicara tentang bunuh diri. Dan sebagai operator, gadis tersebut menjawab secara aktif tentang postingan yang dibuat anggota komunitas.

Baca juga: Kematian Lee Sun Kyun Angkat Kembali Isu Krisis Bunuh Diri di Korea Selatan?

Anggota komunitas itu pun semakin banyak, dengan para anggota yang berbagi informasi rinci tentang metode bunuh diri atau mencari jalan untuk melakukan bunuh diri.

“Dia mengatakan pada kami jika tidak memiliki niatan untuk membunuh dirinya sendiri dan juga tidak ingin orang lain bunuh diri tapi menulis hal-hal tersebut hanya untuk bersenang-senang,” ujar salah seorang petugas Pusat.

Menurut undang-undang terkait, operator komunitas tersebut bisa dikenai hukuman penjara satu sampai 10 tahun karena membantu dan bersekongkol dalam bunuh diri. Namun Pusat dan polisi menyimpulkan tidak ada yang bunuh diri melalui komunitas tersebut. Akhirnya komunitas tersebut ditutup dan si gadis ditawarkan untuk menjalani konsultasi.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)