home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Punya Kewarganegaraan AS, Menteri ESDM Arcandra Tahar Tuai Kontroversi

Senin, 15 Agustus 2016 14:31 by Dits | 1342 hits
Punya Kewarganegaraan AS, Menteri ESDM Arcandra Tahar Tuai Kontroversi
image source: liputan6.co

DREAMERS.ID - Beberapa hari terakhir ini sosok Arcandra Taharr yang tak lain adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang baru dilantik beberapa minggu lalu tengah hangat diberitakan. Pasalnya Archandra Tahar memiliki dua status kewarganegaraan yaitu Indonesia dan Amerika Serikat. Lantas seperti apa tanggapan sang Menteri?

Menjawab isu tak sedap itu, Menteri Arcandra Tahar, mengaku telah 'mengembalikan proses' terkait kewarga-negaraan Amerika Serikat yang ditanyakan wartawan. Dalam suatu acara di kantor Kementerian ESDM, pada Minggu (14/08), para wartawan menanyakan apakah benar Archandra merupakan warga negara AS.

"Proses-proses yang di sana, yang berkaitan dengan pertanyaan teman-teman, itu sudah saya kembalikan semua," kata Arcandra. "Itu sudah dikembalikan, silakan tanyakan ke yang berwenang." Pria kelahiran Padang, Sumatera Barat, itu juga menegaskan bahwa dirinya masih memegang paspor Indonesia.

Seperti diketahui, Sebelum menjabat Menteri, Arcandra sendiri memang sudah lama tinggal dan bekerja di Amerika Serikat. Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, saat Presiden Jokowi meminta Archandra untuk kembali ke Indonesia untuk mengemban amanah sebagai Menteri ESDM, Arcandra menyatakan bersedia untuk pulang dari Amerika Serikat. Menurut Pratikno, Arcandra juga seorang manajer yang hebat di perusahaannya di Amerika Serikat.

Baca juga: Sindiran Menteri ESDM Ke Direksi PLN yang Gajinya 30 Kali Dari Menteri Tapi Kerjanya 'Lemas'

"Beliau juga punya paten karena beliau kan PhD di Ocean Engineering, yang aktif ada tiga paten yang pending masih ada dua. Nah ini Pak Presiden sangat tertarik dengan figur yang bersangkutan," katanya.

Sejak Sabtu (13/8) pagi, sejumlah pesan berantai melalui Whatsapp beredar di antara pers. Isinya mempertanyakan integritas Arcandra yang dinilai memiliki posisi penting di sektor ESDM, tetapi memiliki kewarganegaraan AS.

Saat dilantik pada Rabu (27/7), Arcandra sudah memegang paspor AS setelah melalui proses naturalisasi pada Maret 2012 dengan mengucapkan sumpah setia kepada AS. Karena Indonesia belum mengakui dwikewarganegaraan, secara hukum Arcandra dinilai sudah kehilangan status WNI-nya. Bahkan, disebutkan, sebulan sebelum menjadi warga negara AS, Februari 2012, Arcandra mengurus paspor RI kepada Konsulat Jenderal RI di Houston, AS, dengan masa berlaku lima tahun.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)