home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Kurang Cairan, Rasa Haus yang Terus-menerus Juga Bisa Disebabkan oleh 5 Hal ini

Kamis, 18 Agustus 2016 11:33 by fzhchyn | 1537 hits
Tak Hanya Kurang Cairan, Rasa Haus yang Terus-menerus Juga Bisa Disebabkan oleh 5 Hal ini
Image source: telegraph.c

DREAMERS.ID - Tubuh kita terdiri dari hampir 60 persen air. Sehingga tak heran jika kita perlu mendapat asupan air baik dari makanan atau minuman sepanjang waktu setiap harinya agar tubuh tetap terhidrasi dan terhindar dari berbagai masalah seperti lemas, pusing, dan lainnya.

Tapi pernahkah kalian merasa haus yang terus-menerus meski sudah mendapat asupan cairan yang cukup? Melansir dari laman Reader’s Digest, ternyata rasa haus berlebih tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti berikut.

1. Garam

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam bisa membuat tubuh dehidrasi. Garam dapat menarik air dari sel-sel tubuh kita, serta mengurangi kekuatan tubuh untuk menghemat air. Lalu, tubuh akan mengirim sinyal haus ke otak ketika berkurangnya kadar air di sel-sel tubuh kita. Nah, hal inilah yang membuat kita merasa haus.

2. Olahraga

Olahraga di pagi hari memang menyehatkan, namun perlu diketahui jika tubuh akan berkeringat sehingga perlu lebih banyak cairan. Kehilangan cairan dalam tubuh melalui keringat bisa menyebabkan dehidrasi kalau kita tidak mengganti cairan yang telah keluar.

3. Kegiatan outdoor

Baca juga: Nggak Cuma Dehidrasi, Rasa Haus Juga Bisa Disebabkan Karena Ini

Terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk melakukan aktivitas outdoor atau di luar ruangan membuat tubuh cepat dehidrasi karena paparan sinar matahari. Sebaiknya selalu membawa botol minum bila banyak menghabiskan waktu di luar rumah sehingga kebutuhan cairan selalu terpenuhi.

4. Xerostomia

Xerostomia merupakan kondisi mulut yang terasa kering. Mulut yang kering ini biasanya juga dibarengi dengan produksi air liur yang minim. Nah, tubuh kita akan membutuhkan cairan lebih ketika kelenjar ludah dalam mulut tidak cukup memproduksi air liur. Itulah sebabnya mengapa kita akan merasa kehausan bila memiliki kondisi mulut yang kering.

5. Anemia

Kita tentu tahu kalau tubuh bergantung pada sel-sel darah yang sehat untuk membawa darah ke seluruh tubuh. Namun, anemia ringan bisa menyebabkan rasa haus berelebihan pada tubuh. Rasa kehausan ini akan semakin menjadi bila kondisi anemia kita makin memburuk.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)