home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sindir Presiden Korea Selatan Lewat Karyanya, Seniman Ini Didenda Puluhan Juta Rupiah!

Jumat, 19 Agustus 2016 15:32 by fzhchyn | 1595 hits
Sindir Presiden Korea Selatan Lewat Karyanya, Seniman Ini Didenda Puluhan Juta Rupiah!
Image source:

DREAMERS.ID - Menyampaikan aspirasi dan pandangan politik memang bisa dilakukan siapapun di Negara Demokrasi. Namun jika dilakukan dengan berlebihan, mau tidak mau harus bersentuhan dengan hukum yang berlaku seperti yang terjadi pada seorang seniman di Korea Selatan ini.

Sebuah pengadilan lokal di Korea Selatan menyatakan telah menjatuhi hukuman denda kepada seorang seniman karena karya-karyanya yang mengkritisi Presiden Korea Selatan Park Geun Hye. Tak hanya sekali, seniman ini tercatat telah menyebarkan selebaran buatannya beberapa kali ke seluruh negeri.


Image source: Yonhap News

Melansir Yonhap News, Pengadilan Pusat Seoul telah meminta Lee Byeong Ha, yang bekerja dengan nama ‘Leeha’ untuk membayar 2 juta won (sekitar 23 juta rupiah) karena telah mendistribusikan total sekitar 18.000 selebaran di Seoul dan kota-kota besar lainnya di Korea Selatan selama tahun 2014-2015.

Seorang aktor yang diidentitifasi dengan nama marga Han (38) juga dinyatakan pernah berkolaborasi dengan seniman ini pada Mei tahun lalu. Karena itu dirinya juga diharuskan membayar denda sebanyak 200.000 won (sekitar 2,3 juta trupiah).

Baca juga: Seniman Muslim Asal Kebumen Buat Kolase Koran Bunda Maria Terbesar di Dunia

“Para tersangka mengatakan bahwa mengekspresikan pandangan politik mereka adalah hal yang wajar, namun mengingat jumlah, lokasi, dan bagaiman selebaran itu tersebar, rasanya sulit untuk membenarkan tindakan mereka,” kata pengadilan, Jumat (19/8).

Sebelumnya, Lee telah memiliki catatan sidang untuk tuduhan serupa, namun dinyatakan tidak bersalah atau menerima hukuman percobaan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)