home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berat Namun Sering Digunakan, Intip Cara Hasilkan Momen Keren Dari Kamera Tablet!

Kamis, 25 Agustus 2016 13:43 by andry19 | 2154 hits
Berat Namun Sering Digunakan, Intip Cara Hasilkan Momen Keren Dari Kamera Tablet!
Image source: consumerrep

DREAMERS.ID - Tak hanya melalui kamera smartphone, sebagian orang mungkin masih ada yang menggunakan kamera di perangkat tablet untuk mengabadikan momen indah. Layaknya smartphone, tablet sekarang ini juga sudah dilengkapi dengan spesifikasi kamera yang terbilang mumpuni.

Namun bodinya yang lebar membuat pengguna, terutama ukuran tangan Asia yang lebih kecil agak sulit untuk mengenggamnya dengan optimal sehingga foto yang dihasilkan menjadi kurang maksimal. Dikutip dari tekno.liputan6.com, berikut 5 cara untuk menghasilkan foto dan video keren dari kamera tablet kamu :

1. Tetap Stabil

Tidak seperti kamera digital dan kamera di smartphone kelas premium, kebanyakan kamera di perangkat tablet tidak dilengkapi dengan fitur image stabilization untuk meminimalisir gerakan.

Jika kamu membidik foto di kondisi cahaya rendah, foto yang dihasilkan akan terlihat blur. Begitu pula pada saat merekam video. Selain itu, ukuran tablet yang umumnya lebih besar dari kamera saku tidak memiliki handgrip yang membuatnya sulit untuk tetap stabil.

Untuk itu, kamu harus memegang tablet dengan kedua tangan sekaligus menyandarkan siku ke perut kamu. dikutip dari laman Fox News, langkah ini akan membantu tablet tetap stabil dan mengurangi pergerakan.

2. Hindari Penggunaan Zoom

Salah satu kesalahan paling umum saat orang menggunakan tablet untuk memotret atau merekam video adalah dengan menggunakan fitur zoom untuk memperoleh gambar yang lebih jelas.

Seperti kamu ketahui, kamera tablet kebanyakan hanya dilengkapi zoom digital. Zoom gambar yang diperbesar secara digital dapat mengurangi kualitas gambar sehingga tampilan akhirnya terlihat ‘pecah’.

Disarankan agar kamu tidak mengambil foto dengan zoom, lebih baik crop hasil foto yang diinginkan dengan software editing gambar atau aplikasi mobile. Hal yang sama juga perlu dilakukan saat merekam video, terlebih degradasi video lebih besar ketimbang foto.

Baca juga: Ternyata Ada Beberapa Manfaat Memelihara Hewan yang Telah Dibuktikan Riset!

3. Pilih Ukuran Tablet yang Tepat.

Jika kamu berencana untuk mengambil banyak foto dan merekam video dengan tablet, cobalah untuk memilih model yang lebih kecil. Misalnya, memilih menggunakan tablet ukuran 7 atau 8 inci, bukan ukuran di atas 8 inci. Karena, dimensi bodi perangkat yang lebih kecil, mudah untuk distabilkan sehingga bisa memperoleh foto yang jauh lebih baik.

4. Aksesoris Pendukung

Jika kamu bersikeras untuk mengambil foto dan video dengan tablet, pertimbangkan untuk mencari aksesoris yang dapat meningkatkan kualitas foto. Sebagai contoh, Sony sempat memperkenalkan dua kamera berbentuk lensa yang dapat terhubung dengan tablet kamu. Keduanya bisa dibilang sebagai kamera digital tanpa layar berdesain lensa karena didalamnya terbenam sensor berkualitas tinggi.

Bahkan dilengkapi fitur optical image stabilization dan optical zoom.  Aksesori lain yang mungkin bisa membantu kamu adalah tripod dan mount.

5. Jangan Andalkan Flash

Pada umumnya, kamera pada tablet tidak dilengkapi flash. Tapi saat ini, ada beberapa tablet kelas premium, terutama beberapa model baru dari Samsung mulai menghadirkan flash pada kamera utamanya.

Namun, flash yang disematkan tidak seperti yang ada pada kamera saku digital. Cahaya yang dipantulkan sangat lemah dan jangkauannya pun kurang luas. Selain itu, saat ingin membidik objek ada baiknya kamu mencari lokasi dengan kondisi pencahayaan yang bagus.

(and)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)